Yaski, Lembaga Penyalur Dana CSR

Posted on

Corporate Social Responsibility

CSR dalah tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) yaitu dana yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk membiaya kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan sekitarnya.

Dana CSR misalnya bisa digunakan untuk :

  1. Memberikan beasiswa,
  2. Mengadakan pelatihan-pelatihan berbagai ketrampilan dan keahlian,
  3. Bantuan peralatan kerja bagi masyarakat,
  4. dan banyak lagi.
    • Intinya kegiatan-kegiatan yang dapat mendongkrak percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia.

Salah satu korporasi yang sangat terkenal di Indonesia menyalurkan dana CSR-nya adalah Djarum melalui PB Djarum. Mereka telah puluhan tahun mengadakan audisi dan pelatihan untuk menjaring bakat-bakat bulu tangkis di Indonesia. Mereka telah melahirkan cukup banyak bintang bulu tangkis Indonesia hingga ke kancah internasional.

Nah, dana CSR bisa disalurkan melalui lembaga yang disahkan oleh pemerintah seperti YASKI.

YASKI

YASKI (Yayasan Sumbangan Sosial Keagamaan Kristen Indonesia) adalah lembaga yang disahkan oleh pemerintah untuk menerima dan mengelola sumbangan keagamaan Kristen di Indonesia. Salah satunya YASKI dapat menerima dan mengelola dana CSR.

Dasar hukum pendirian YASKI adalah Keputusan Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI No. R-418/DJ.IV/Ku.00.2/12/2017 dan Peraturan Dirjen Pajak No. PER 11/PJ/2018 Tentang Badan/Lembaga yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah yang ditetapkan sebagai Penerima zakat atau sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari Penghasilan Bruto.

Tentu kita semua tau tentang Badan Amil Zakat Nasional untuk umat muslim Indonesia. Nah, YASKI adalah BAZNAS-nya untuk umat Kristen.

Kenapa sumbangan keagamaan harus melalui YASKI? apa kelebihannya?

Jawabnya adalah sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perpajakan bagi pemeluk agama selain islam diatur dalam Pasal 1 ayat (1) huruf (b) PP No. 60 Tahun 2010 tentang Zakat atau Sumbangan Keagamaan yang Sifatnya Wajib yang Boleh Dikurangkan dari Penghasilan Bruto : “Sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi Wajib Pajak orang priba di pemeluk agama selain agama Islam dan/atau oleh Wajib Pajak badan dalam negeri yang dimiliki oleh pemeluk agama selain agama Islam, yang diakui di Indonesia yang dibayarkan kepada lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah.”

Kelebihan lain adalah, penyumbang dapat merekomendasikan dana sumbangannya digunakan untuk tujuan tertentu. Kemudian YASKI akan menyalurkan dana tersebut ke tujuan yang ditentukan oleh penyumbang.

Cara Menghubungi YASKI

Jika anda atau perusahaan anda tertarik untuk menyalurkan sumbangan melalui YASKI, para Fund Manager YASKI siap membantu anda. Atau klik tombol “talk to us” di bawah untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *