Tips terbaik dalam mengatur keuangan keluarga

Posted on

Mengatur keuangan keluarga merupakan tugas yang gampang-gampang susah. Pemasukan yang banyak, belum tentu memudahkan mengatur keuangan. Karena biasanya semakin tinggi status ekonomi seseorang, pengeluarannya pun juga banyak.

Terlebih jika pola hidup konsumtif yang telah lebih dahulu dijalani ketika masih lajang masih tetap terbawa pada saat telah berkeluarga. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya bermaksud untuk berbagi tips buat pembaca semua, khususnya Ibu-Ibu tentang gimana caranya mengatur pengeluaran keluarga yang baik dan efektif. Berikut ulasannya.

Tips Terbaik Mengatur Keuangan Keluarga

1. Pahami Alokasi Keuangan Keluarga

Tentunya sebagai ‘bendahara’ keluarga, adalah hal yang mustahil jika Anda tidak mengetahui pemasukan serta pengeluaran-pengeluaran penting keluarga. Ini berguna untuk memperkirakan seberapa besar jumlah uang yang akan Anda keluarkan di bulan berikutnya.

2. Menyusun Anggaran Keuangan

Anggaran keuangan ini penting karena ini akan sangat membantu Anda. Bukan hanya menyusun anggaran semata, tetapi Anda juga harus menaatinya. Kegiatan yang satu ini memang membosankan, tetapi selain membantu Anda untuk belajar disiplin, ini akan membantu Anda juga agar tidak terlalu konsumtif.

Dalam menyusun anggaran keuangan ini Anda tak perlu terlalu melilitkan ‘ikat pinggang’, Anda juga bisa memasukkan kebutuhan pribadi Anda untuk menikmati hasil kerja keras yang telah Anda capai, misalnya anggaran untuk piknik bersama keluarga atau melakukan treatment di salon, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Cara Efektif Menekan Pengeluaran

3. Kebutuhan dan Keinginan Adalah Hal yang Berbeda

Daripada keinginan, Anda harus mendahulukan kebutuhan. Namun bukan berarti Anda tidak boleh membeli apa yang Anda inginkan. Anda hanya perlu mencermati dengan seksama manakah kebutuhan Anda dan keluarga dan manakah keinginan Anda.

Cara mudahnya adalah dengan membuat tabel yang berisi kolom daftar keinginan dan kebutuhan. Anda bisa memberikan tanda jika salah satu kebutuhan atau keinginan tersebut telah terpenuhi, entah dengan mencoretnya atau dengan memberikan tanda checklist.

4. Tentukan Target yang Ingin dicapai

Ini membantu Anda agar tetap fokus dalam upaya untuk meraih target yang telah Anda tetapkan untuk beberapa waktu ke depan dengan menghindari pola hidup yang konsumtif.

Misalnya, jika saja saat ini Anda menempati rumah kontrakan, tentunya suatu saat nanti Anda menginginkan tempat tinggal milik sendiri. Ini bisa Anda jadikan sebagai target yang ingin Anda capai.

5. Hindari Berhutang

Sebisa mungkin hindari yang namanya hutang ini karena nantinya Anda akan memiliki kewajiban untuk melunasinya, dan tidak menutup kemungkinan Anda malah akan menggunakan anggaran bulan depan untuk menutupinya.

6. Sisihkan Sebagian Gaji untuk Menabung

Dengan memiliki tabungan, Anda tidak perlu khawatir akan kebutuhan-kebutuhan yang mendesak di masa yang akan datang. Pastinya, Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan dana tabungan ini jika memang benar-benar tidak diperlukan.

Itulah, tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatur keuangan keluarga. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *