Strategi marketing jitu usaha cuci mobil

Posted on

Bisnis cuci mobil (car wash) termasuk bisnis yang sangat prospektif saat ini. Lihat saja di kota-kota besar, jalanan semakin padat dan semakin macet pertanda semakin banyak jumlah kendaraan. Ini mungkin akibat dari semakin meningkatnya masyarakat kelas ekonomi menengah ke atas di Indonesia.

Meningkatnya jumlah kendaraan akan berdampak positif kepada bisnis cucian mobil. Tidak banyak yang mau mencuci mobilnya sendiri, selain melelahkan juga hasilnya tidak sebersih jika dicuci di tempat cucian mobil profesional.

Pemilik mobil rela mengeluarkan ongkos 30 sampai 50 ribu untuk membersihkan mobilnya luar dan dalam. Apalagi habis musim hujan.

Namun dengan bertumbuhnya pelaku usaha dibidang cucian mobil, persaingan juga semakin ketat. Diperlukan strategi marketing yang jitu agar usaha cucian mobil anda tetap ramai pengunjung.

Selain lokasi yang strategis, apa sajakah strategi marketing jitu yang perlu dilakukan?

1. Sosial Media

Anda bisa menggunakan 1 atau lebih platform sosial media dari sekian banyak yang tersedia. Ada Facebook, Twitter, Google+, Youtube, dan blog. Bisa juga dikombinasikan pemakaian dari platform-platform tersebut.
Update aktivitas cuci mobil anda di sosial media secara rutin. Video yang real yang anda shooting langsung di tempat cuci mobil akan sangat berkesan bagi viewer anda.’

2. Sistem membership

Jika anda menerapkan sistem keanggotaan kepada customer anda, itu akan menjadi pengikat yang kuat bagi customer anda untuk datang kembali.
Membership tentu disediakan dengan fitur fitur yang memberikan insentif kepada customer. Salah satu contoh yang paling banyak adalah diskon 10% setiap kali cuci mobil, cuci 5 kali gratis 1 kali dan lain sebagainya.
Member juga berpeluang memenangkan hadiah undian setiap akhir tahun.

3. Sticker on cars

Ini salah satu cara marketing konvensional yang ampuh untuk bisnis cucian mobil. Letakkan sticker di kaca mobil setiap customer anda yang datang. Mereka akan menjadi iklan bergerak gratis untuk anda.
Desain sticker dengan ukuran proporsinal, mudah dibaca, khas dan menarik mewakili brand anda.

Bangunlah brand yang kuat dalam jasa cucian mobil anda sekaligus jangan lupa memberikan layanan dengan kualitas yang tinggi.

Orang tidak akan mempercayakan mobilnya dicuci oleh orang yang sembrono dan berpotensi merusak sedikitpun dari cat mobil pemiliknya.

Kalau ada ide lain, share melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat bagi pembaca berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *