Mobil Kijang Sejak 1970, Siapa Yang Memberi Nama “Kijang” dan Apa Maknanya?

Posted on
Kijang pertama. photo: otomotifclub.com

Mobil Kijang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia. Mobil ini hadir sejak tahun 70-an di Indonesia. Tak terhitung lagi penggunanya di seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri dari Kijang generasi pertama hingga generasi yang kita kenal sekarang. Namun berapa orang yang tahu sejarahnya?

Sejarah ini bisa ditelusuri di Museum Astra. Seorang penulis di Kompasiana Gugun Gunanto berkisah tentang kunjungannya ke Museum Astra melihat koleksi mobil kijang dari generasi ke generasi. Dikisahkan staff pengurus museum itu bahwa yang memberi nama Kijang untuk pertama kalinya adala Jusuf Kalla.

Kala itu Jusuf Kalla menghadiri acara gathering se-Indonesia distributor utama Toyota. Katanya dalam pertemuan itu dikenalkan mobil Toyota produksi di Indonesia untuk pertama kali. Dan Jusuf Kalla-lah yang mengusulkan penggunaan nama Kijang. Katanya, waktu itu ada beberapa nama yang diusulkan, tetapi yang hadir mayoritas menyukai Kijang.

Kala itu mobil Kijang generasi pertama yang diperkenalkan adalah Kijang Kodok berjenis bak terbuka (pick up).

Lalu apakah arti Kijang sebenarnya? apakah itu diambil dari nama binatang? ternyata tidak sama sekali. Kijang adalah singkatan dari Kerjasama Indonesia Jepang. Orang mengira penamaan ini menggunakan nama binatang Kijang, diyakinkan pula penggunaan logo Kijang dulu yang  menyerupai tanduk binatang.

Ternyata penamaan mobil serupa nama hewan diikuti produsen mobil lainnya. Misalnya Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda serta Daihatsu Zebra.

Selain di Indonesia, sebelum hadirnya generasi “Innova”, Toyota Kijang juga dijual di Malaysia dengan nama “Unser”, Filipina (Toyota Tamarraw/Revo), Taiwan (Toyota Zace surf), Vietnam (Toyota Zace), India (Qualis) dan Afrika Selatan (Toyota Condor Hi-Roof)

Berikut Mobil Toyota Kijang dari generasi ke kenerasi seperti dilansir otosia:

1977 – 1980

1981-1985

1986-1996

1997-2004

Kijang Innova – Sekarang

Kijang Innova terbaru

Nah, sekarang sudah tahu bukan kalau Pak Jusuf Kalla adalah tokoh dibalik penamaan Kijang. Yuk share beritanya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *