Mengapa produk China bisa murah?

Posted on

Kalau kita perhatikan barang-barang yang kita pakai, mulai dari baju, sepatu, tas, aksesoris sampai ke perlengkapan dapur, hampir semua barang “made in China”. Memang impor barang dari China menjadi fenomena di negara kita. Kenapa tidak, karena barang China sangat murah dibandingkan barang-barang produksi dalam negeri.

Adapun alasan kenapa produk China murah adalah sebagai berikut:

 

Dukungan Pemerintah 

Pemerintah China memberikan dukungan yang tidak tanggung-tanggung untuk pengusaha UKM hingga manufaktur besar di negeri mereka. Aturan pemerintah yang jelas memberikan iklim produksi yang sangat baik bagi para pelaku usaha. Mulai dari kemudahan perijinan dan pemberian subsidi bahan baku.

Pemerintah juga memberikan dukungan fasilitas infrastrukur hingga fasilitas distribusi.

 

Produksi Rumahan

Anda mungkin tidak percaya kalau sepeda motor yang anda pakai, spare partnya dibikin dirumah-rumah atau produksi rumahan. Produksi rumahan ini merupakan kekuatan produksi barang-barang China sehingga mereka bisa menjual barang sangat murah. Tidak perlu membayar upah pekerja yang mahal dan juga tidak perlu membuat fasilitas produksi yang rumit.

Dari produk-produk rumahan setengah jadi ini kemudian dikumpulkan oleh pabrik besar untuk assembly menjadi produk jadi.

 

Kuantitas besar

Salah satu kekuatan produksi barang China adalah mereka memproduksi dan menjual dalam kuantitas besar. Produk China bukan hanya ada di Indonesia, tapi juga diseluruh dunia hingga Eropa dan Amerika. Lihat saja review-review pelanggan di Alibaba yang memberikan komentar online setelah berbelanja, mereka berasal dari hampir semua negara.

Selain itu, penduduk China sendiri adalah yang terbesar di dunia. Jadi sebetulnya mereka produksi untuk keperluan di negeri sendiri juga sudah merupakan kuantitas yang sangat besar.

 

 

 

One thought on “Mengapa produk China bisa murah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *