Manfaat positif dari Self Talk yang jarang diketahui

Posted on

Tahukah anda apa itu self talk? Mungkin sebagian masih belum tahu tentang apa itu sebenarnya self talk. Apalagi manfaat dari self talk itu sendiri.

Yak, sesuai dengan namanya, self talk adalah berbicara dengan diri sendiri. Lebih tepatnya, self talk adalah berbicara dengan pikiran-pikiran yang ada dalam diri kita. Mungkin dianggap remeh, tapi sebenarnya kekuatan self talk ini besar sekali lho manfaatnya. Selama self talk tersebut tentang hal-hal yang bersifat positif tentunya.

Kinerja Self Talk
Sebelum membahas manfaat self talk, ada baiknya jika Anda mengerti tentang bagaimana cara self talk ini bekerja pada pikiran kita. Simak ulasan lengkapnya:
Self talk mempengaruhi alam bawah sadar > mempengaruhi tindakan > muncul kebiasaan > kebiasaan menyatu menjadi karakter > self talk awal berhasil dan menjadi realita awal kehidupan Anda dan lama kelamaan Anda akan percaya bahwa Anda mempunyai keyakinan yang benar.

Singkatnya: self talk menimbulkan sugesti mempengaruhi alam bawah sadar memunculkan realita

Manfaat Self TalkBanyak sekali manfaat self talk yang didapat setelah Anda berhasil menerapkannya. Mungkin bagi sebagian orang secara tidak langsung sudah ada yang menerapkan self talk tapi mereka belum mengetahui bahwa yang mereka lakukan itu adalah termasuk self talk.

Contoh sederhananya: Ketika Anda akan maju ke depan kelas, atau presentasi, atau apapun yang ada kaitannya dengan tampil di depan muka umum, tentu Anda sempat mengucap kata “Aku pasti bisa, Aku pasti berhasil tampil dengan baik”. Nah, itu sudah merupakan penerapan self talk yang saya maksud.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil Pasangan Bahagia

Berikut ini adalah manfaat self talk buat Anda:

Sebagai media untuk lebih mengenal dan lebih menerima diri sendiri
Anda tidak akan dicap sebagai orang gila dengan hanya berbicara pada diri Anda sendiri. Selama fokus pembicaraan mengarah ke hal yang positif, Anda justru bisa merasa lebih akrab dengan diri Anda sendiri. Anda lebih bisa mendengarkan apa kata hati Anda.

Sebagai media pertimbangan untuk mengambil keputusan
Self talk juga bisa digunakan untuk alat bantu memilih pertimbangan ketika dihadapkan dengan banyak pilihan. Cobalah untuk fokus dan berdamai dengan diri sendiri, sebelum Anda berada pada situasi mengambil keputusan akhir.

Sebagai sarana untuk mengendalikan diri
Seringkali saat kita dalam keadaan emosi, pikiran kita juga menjadi kacau. Tidak banyak yang pada akhirnya berujung pada tindakan negatif di luar kesadaran kita, seperti berteriak, mengumpat dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan self talk, secara otomatis Anda akan berbicara dengan pikiran Anda sendiri. Dengan begitu, pikiran orang yang sedang kacau tersebut bisa dikendalikan. Sehingga hal tersebut dapat mencegah dari pengambilan tindakan atau keputusan yang salah.

Demikian di atas adalah pembahasan mengenai pentingnya serta manfaat positif self talk untuk diri kita sendiri. Semoga bermanfaat. Bantu share biar yang lain juga dapat manfaat.

Baca juga: Jenuh Dengan Hidup Anda? Mulai Hidup Baru Dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *