Lezatnya Mie Gomak, Makanan Tradisional Batak. Apa resepnya?

Posted on

Dalam acara syukuran kelahiran anak seorang teman yang saya hadiri kemaren, disajikan Mie Gomak makanan tradisional khas Batak. Rasanya yang lezat mendorong saya untuk menulis tentang Mie Gomak ini.

Bahan utama mie gomak adalah Mie Lidi. Disebut mie lidi karena bentuknya lurus seperti lidi. Ukuran dan berntuknya mirip seperti spagheti. Mie lidi ini mudah ditemukan di kedai-kedai atau toko-toko sembako di daerah Tapanuli yaitu daerah asalnya. Di kota Medan juga mie lidi ini wajib mengisi rak-rak toko-toko sembako dan supermarket.

Kenapa disebut Mie Gomak? dalam bahasa Batak, Gomak artinya diambil dengan tangan (telapak tangan terbuka lebar untuk mengambil sesuatu). Barangkali istilah ini dipakai karena konon mie gomak disajikan dengan cara mengambilnya langsung dengan tangan. Tapi itu cerita zaman dulu. Sekarang orang sudah lebih mengutamakan etika dan kebersihan dalam menyajikan sesuatu, sudah tentu menyajikannya dengan menggunakan sendok.

Baca Juga: Mengenal kue pohul-pohul, apa resep dan maknanya bagi masyarakat Batak?

Berbeda dengan spagheti yang terbuat dari tepung gandum, mie lidi terbuat dari tepung ubi. Ubi memang adalah makanan pendamping yang sangat lazim dalam masyarakat Batak sejak dari dahulu. Karena itu mie gomak bisa menjadi alternatif karbohidrat pengganti beras dengan kandungan serat yang jauh lebih tinggi. Ubi juga mengandung Vitamin A dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Singkatnya selain lezat mie gomak juga sebuah kuliner tradisional asli Indonesia dengan nutrisi lengkap mulai dari kaya akan vitamin, serat dan karbohidrat.

Mie lidi. photo: tobatabocom

Mie gomak disajikan dengan berbagai variasi bergantung selera dan kreativitas. Mulai dari mie gomak goreng, mie gomak kuah santan dengan tambahan potongan labu siam bahkan ada juga yang menyajikan dengan kuah santan + sambal….nah agak bingung kan cara buatnya gimana? Namun apapun variasi masakan mie gomak ini, ada satu kesamaannya yaitu keberadaan Andaliman sebagai bumbu wajibnya. Andaliman atau orang lain sering sebut dengan Merica Batak ini memberikan rasa khas yang otentik dengan sensasi kelu di lidah. Membubuhkan andaliman ke dalam mie gomak membuat penikmatnya tidak tahan ingin “nambah“.

Mie gomak cocok disajikan kapan saja. Sebagai sarapan, saat makan siang atau makan malam, dalam pesta atau sebagai santapan saat santai.

Disajikan dengan di-gomak. photo: Juterdy

Jika anda jalan-jalan ke daerah Toba, seperti Samosir, Balige, Pangururan, Dolok Sanggul, Lagu Boti dan lain-lain, anda akan menemukan banyak kedai makan yang menjual mie gomak.

Lalu bagaimana cara membuatnya? simak resep mie gomak dibawah ini:

Resep Mi Gomak Kuah

Bahan:
1 bungkus mie lidi, 1 buah labu siam, daging ayam (250 gram)
1 gelas santan kental, 1 ½ gelas santan encer, ½ jeruk nipis
2 sendok makan kelapa parut yang disangrai.

Bumbu halus:
3 buah cabai merah, 1/2 siung bawang bombay, 6 siung bawang putih
½ sendok teh merica, 1 sendok teh garam, 2 cm lengkuas, 1 ½ cm kunyit
1 ruas sereh, 1 sendok makan Andaliman, penyedap rasa (OPTIONAL)

Bahan tambahan:
Kerupuk, mentimun, minyak sayur

Cara Membuat:

  • Rebus mie dengan air biasa matang bersama 2 sdm minyak goreng agar tidak lengket. Tiriskan
  • Panaskan 2 sdm minyak lalu masukkan bumbu halus beserta sereh, daun salam, dan lengkuas sampai harum.
  • Tuangkan santan lalu masak hingga mendidih
  • Masukan labu siam.
  • Masukkan santan sedikit-demi sedikit sambil terus diaduk
  • Masak hingga labu siam empuk.
  • Tata mie di mangkuk lalu siramkan kuahnya
  • Mie gomak siap disantap.
Anda bisa menggunakan kreasi sendiri memasak mie gomak. Ingin lebih pedas, lebih banyak kuahnya, atau pengen di goreng terserah asal jangan lupakan andalimannya. Selamat mencoba.

 

3 thoughts on “Lezatnya Mie Gomak, Makanan Tradisional Batak. Apa resepnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *