Kisah tentang lukisan raja – Jangan fokus pada kekurangan

Posted on
Seorang raja yang terkenal tangguh dan pemberani. Ia terkenal karena keberanian dan kegarangannya dalam peperangan. Tetapi sayang akibat luka-luka dari peperangan yang berkali-kali dilaluinya ia hanya memiliki satu mata dan satu kaki.
Suatu hari raja mengumpulkan semua seniman untuk melukis dirinya. Satu pesannya, raja meminta agar lukisan yang dihasilkan dapat menggambarkan kebesaran dirinya dengan apa adanya.
Tetapi tak satupun pelukis terkenal yang berani melukis sang raja apa adanya dengan cacat satu mata dan satu kaki.
Para pelukis terkenal tersebut merasa tidak dapat menggambarkan kebesaran yangg dimilik sang raja dan mereka takut raja menjadi murka karena lukisan yang dihasilkan justru menunjukkan kelemahan sang raja.
Tanpa ditanya seorang pemuda memberanikan diri memohon pada raja untuk diperbolehkan melukis kebesaran dan kehebatan sang raja. Raja pun memberikan izin dan waktu satu bulan.
Satu bulan berlalu dan tiba saatnya pelukis muda menyampaikan lukisan kepada raja.
Banyak pelukis yang hadir untuk melihat hasilnya.
Ternyata dalam lukisan itu pelukis muda menggambarkan raja sedang berburu dan membidik dengan memejamkan satu mata serta menekuk salah satu kakinya. Rajapun sangat puas dan berterima kasih.
Seperti halnya kebanyakan dari kita, seringkali dalam melihat seseorang atau diri sendiri hanya fokus pada kekurangan dan kejelekan saja. Sehingga sering kali berakibat timbul rasa pesimis dan pikiran negatif.
Padahal jika kita mau fokus pada kelebihan dan kekuatan yangpg kita miliki untuk menggambarkan diri kita, berpikir positif dan optimis akan ada hal baik yang  bertambah setiap harinya.
Nikmatilah dan bersyukurlah untuk semua yang sudah kita miliki.
Thanks ko Yakub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *