Inilah manfaat besar sosial media bagi bisnis anda, mulailah sekarang!

Posted on

Zaman sudah berubah. Teknologi telah mengubah peradaban. Cara manusia bekerja dan berinteraksi dengan sesama juga berubah.

Sosial media telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Faktanya hampir semua pengguna internet di Indonesia memiliki akun Facebook.

Menurut laporan Venture Beat Juli 2016, pengguna aktif Facebook di dunia mencapai  1,7 milliar orang setiap bulannya. 80 juta orang lebih dari Indonesia. Menempatkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk menggunakan Facebook terbesar di dunia bahkan mengalahkan Tiongkok.

Belum lagi kita bicara data pengguna platform sosial media yang lain seperti Twitter dan Instagram.

Ada 500 juta lebih cuitan berseliweran setiap hari di seluruh dunia. 95 juta photo di unggah di instagram dan 4,5 triliun like di Facebook. Angka ini menunjukkan banyak hal. Bahwa orang menghabiskan banyak waktunya di sosial media.

Manfaat Penguatan Brand

Kehadiran anda di sosial media membuat pelanggan dan calon pelanggan anda lebih mudah menemukan anda dan berinteraksi dengan anda. Sosial media adalah ibarat saluran untuk brand anda dan segala sesuatu yang anda tawarkan dalam bisnis. Apalagi anda menggunakan beberapa patform sosial media yang berbeda, kehadiran brand anda akan lebih terasa.

Manfaat lain adalah, kehadiran brand anda di sosial media juga turut mendongkrak search engine ranking bagi website anda yang pada akhirnya akan meningkatkan pengunjung.

Semua ini akan berujung pada penguatan brand dan meningkatknya loyalitas pelanggan anda.

Manfaat Pengiklanan dan Penjualan

Sosial media merupakan media ber-iklan yang sangat terjangkau saat ini. Jauh lebih terjangkau daripada beriklan di TV, koran dan radio. Dengan hasil yang jauh lebih baik pula.

Mengapa tidak? Beriklan di Facebook misalnya, anda bisa menargetkan kemana iklan akan “mendarat”. Anda bisa menentukan usia, jenis kelamin, lokasi (geo targetting) bahkan minat dan kebiasaan dari target iklan anda. Jadi biaya iklan tidak betul-betul efektik dan efisien karena tepat sasaran.

Misalnya jika anda menjual tas tangan wanita, anda bisa set iklan di sosial media hanya untuk dilihat wanita saja, dengan umur sekitar 25 sampai dengan 45 misalnya. Mereka adalah orang yang paling membutuhkan produk anda. Artinya laki-laki tidak akan melihat iklan anda dan wanita usia diluar 25 sampai dengan 45 juga tidak melihat iklan anda. Tujuannya, biaya iklan tepat sasaran. Luar biasa bukan?

Tidak jarang juga pelanggan yang melakukan “eksekusi”  order/pembelian melalui sosial media. Bahkan Facebook menyediakan fitur “shop” pada Facebook Group untuk membantu para penjual.

Manfaat Interaksi 

Sosial media adalah harta yang sangat berharga bagi pertumbuhan bisnis anda. Dengan sosial media anda lebih muda mendapatkan feedback dari pelanggan anda. Penilaian dan masukan mereka tentang produk atau jasa anda sangat penting untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam industri anda.

Anda juga dapat dengan mudah berinteraksi dengan pelanggan anda. Menguatkan ikatan bathin antara perusahaan anda dan konsumen. Menjadikan konsumen sebagai bagian penting dari perusahaan anda.

Hubungan yang baik dengan konsumen adalah sebuah aset dan sebuah kekuatan. Dahulu perusahaan manapun sangat sulit untuk melakukan ini, tapi sekarang dengan adanya sosial media, semua lebih mudah. Tinggal anda memberikan perhatian dan prioritas dalam hal ini.

Perusahaan-perusahaan dari berbagai industri, kecil maupun besar, bahkan mempekerjakan staf sepenuh waktu khusus menangani interaksi dengan customer mereka melalui sosial media. Menyapa, menjawab pertanyaan hingga menjawab dan menyelesaikan keluhan.

Manfaat Riset

Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter bisa digunakan menemukan konsumen yang berdekatan dengan lokasi anda. Secara bertahap anda bisa mengembangkan hingga ke lokasi yang lebih jauh.

Dengan melakukan sedikit riset yang lebih dalam, anda bisa mendapatkan dimana orang-orang yang membutuhkan dan membicarakan produk dan layanan anda. Grup-grup di Facebook dan komunitas di Google+ adalah tempat yang baik untuk mendapatkan data-data baru mengenai potensi pasar anda.

Jejaring sosial juga bisa anda manfaatkan untuk melihat apa-apa saja yang dilakukan oleh pesaing anda. Perhatikan aktivitas mereka di jejaring sosial, dan bandingkan dengan hasil yang mereka dapat. Apakah pesaing anda bertumbuh atau sebaliknya.

Manfaatkan informasi itu untuk kebaikan perusahaan anda. Tiru yang baik dan hindari yang tidak baik. Dan jadilah lebih baik dari pesaing anda.

Itulah seabrek manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan jejaring sosial untuk bisnis anda. Kalau anda masih enggan untuk melakukannya, pertimbangkanlah beberapa hal ini:

Pesaing anda telah terlebih dahulu memanfaatkan jejaring sosial
Pesaing anda telah terlebih dahulu mendapatkan tempat di hati konsumen. Potensi pasar anda semakin sempit. Namun jangan menyerah, pasar masih terbuka luas. Mulailah sekarang

Semakin cepat anda mulai semakin baik.
Jejaring sosial adalah tempat berinteraksi, berhubungan satu sama lain. Semakin cepat anda hadir ditengah mereka, semakin cepat efek domino akan terasa. Teman memberitahu temannya, temannya memberitahu kepada temannya lagi, temannya lagi memberitahu kepada teman-temannya yang lain. Inilah kekuatan sosial media. Siapa cepat ialah yang telebih dahulu berkuasa.

Tak ada ruginya untuk memulai
Yah, anda tidak rugi apa-apa jika anda memulai membuka akun bisnis anda di social media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Google+. Lagipula mereka tidak memungut biaya apapun untuk membuat akun. Buka akun dan mulai memperkenalkan diri, menyapa dan memperkenalkan bisnis anda pelan-pelan.

Anda hanya perlu membayar jika menggunakan iklan, itupun hanya ukuran kecil rupiah sudah bisa anda manfaatkan untuk beriklan.

Image utama: divyum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *