Impor barang dari China melalui Batam

Posted on

impor barang dari china melalui batamProduk China membanjiri pasar dalam negeri bukan rahasia lagi. Produk dari China memang laris manis di negeri kita karena harganya yang lebih murah dari harga produk lokal. Impor barang dari China melalui Batam menjadi alternatif untuk menghemat biaya pengiriman.

Kawasan perdagangan bebas

Batam adalah salah satu kawasan di Indonesia yang masuk dalam kawasaan bebas atau kawasan perdagangan bebas sehingga terbebaskan dari bea masuk, pajak impor dan cukai barang masuk ke Batam.

Ketentuannya adalah, apabila barang masuk itu merupakan barang dagangan dan mempunyai nilai pabean diatas 1500 USD, maka kewajiban pabean dilaksanakan oleh pengusaha yang telah mendapatkan ijin oleh BP Batam (dh. Otorita Batam) dengan menggunakan PPFTZ-01, PPFTZ-02 dan PPFTZ-03 atau pengusaha tersebut dapat menguasakan ke Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan.

Penyelenggara pos (jasa impor) menyampaikan Barang kiriman yang dimasukan dari kawasan pabean atau tempat lain yang telah disetujui oleh Kepala Kantor Bea Cukai ke kawasan bebas dengan menggunakan dokumen pos CN-22/ CN-23 atau Dokumen Pengiriman Barang.

Apabila barang kiriman mempunyai nilai diatas FOB USD 1500 dan atau barang yang dilarang atau dibatasi maka penyelenggara pos memberitahukan kepada penerima barang kiriman untuk menyampaikan dokumen PPFTZ-01. Barang kiriman tersebut akan dilakukan pemeriksaan pabean, meliputi pemeriksaan dokumen dan fisik.

Apabila barang kiriman tersebut tidak melebihi nilai pabean FOB USD 1500 dan bukan barang yang dilarang atau dibatasi maka diberikan persetujuan pengeluaran barang oleh Bea Cukai dengan membubuhkan tanda/ setempel pada barang kiriman.

Di Batam, ada banyak jasa impor yang biasa melayani impor barang dari China, Malaysia, Singapore dan Korea. Jika pembaca memerlukan informasi jasa impor di Batam, silahkan sebutkan di kolom komentar dibawah.

Meneruskan barang dari Batam ke kota tujuan di Indonesia

Setelah barang impor anda masuk ke Batam dan sudah berada di gudang perusahaan jasa impor, selanjutnya barang diproses keluar dari Batam ke kota tujuan di Indonesia.

Disinilah harus hati-hati. Waktu barang masuk dari China ke Batam, memang bebas bea masuk, tetapi begitu barang tersebut keluar dari Batam, harus bayar terlebih dahulu bea dan cukainya. Artinya sebetulnya barang masuk ke Batam dibebaskan bea dan cukai, barang-barang tersebut hanya diperuntukkan dipasarkan/dipakai di dalam wilayah Batam.

Barang kiriman dari kawasan bebas ke tempat lain di dalam negeri diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 100 untuk setiap orang perkiriman, selebihnya akan dikenakan bea masuk dan dipungut pajak dalam rangka impor.

Bea Cukai akan menerbitkan Surat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai dan Pajak Dalam Rangka Impor (SPPBMCP) apabila barang melebihi pembebasan nilai pabean USD 100.

Dengan kata lain, barang kiriman dibawah 100 USD, tidak dipungut pajak dalam rangka impor. Inilah yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku impor. Sebagai contoh, jika barang impornya senilai 300 USD, akan dikirimkan bertahap sebanyak tiga kali.

Baca juga: Mengapa produk China murah

Jasa repacking

Selain itu, jika barang-barang anda akan dikirimkan dari Batam ke kota tujuan via udara, barang-barang anda harus di pecah menjadi bungkusan dalam ukuran-ukuran kecil, sehingga diperlukan jasa repacking di Batam, untuk mengurusi repacking sebelum barang dikirimkan.

Jasa repacking harus benar-benar yang dapat dipercaya, karena merekalah yang akan memastikan jumlah barang yang anda impor dari China harus sama dengan jumlah barang yang harus anda terima.

Biasanya barang-barang impor di pecah dalam bungkusan dengan ukuran dua sampai tiga kilo gram per bungkusnya.

Banyak juga, jasa repacking dilakukan sendiri oleh kantor jasa pengiriman untuk memperpendek tali distribusi. Biasanya juga harga jasa repacking mereka lebih murah karena anda juga menggunakan jasa pengiriman mereka sekaligus.

Jasa kiriman domestik

Setelah barang anda selesai di repacking, kemudian dikirimkan dengan menggunakan jasa pengiriman atau ekspedisi.

Anda bebas memilih pengiriman via udara atau via laut. Via udara, kiriman lebih cepat anda terima, tetapi harus dicicil. Pengiriman via laut, pengiriman jauh lebih lama tetapi bisa sekaligus. Biasanya pengiriman lewat laut justru lebih mahal tetapi anda tidak perlu jasa repacking.

Untuk jasa pengiriman via udara, tentu banyak pilihan jasa pengiriman yang sudah terkenal di Indonesia seperti Lion Parcel, JNE, TIKI, JNT, POS dan lain-lainya.

Begitulah kira-kira proses impor barang dari China melalui Batam. Anda yang penasaran silahkan komentar dibawah.

58 thoughts on “Impor barang dari China melalui Batam

  1. permisi pak,
    saya ada kebutuhan barang lumayan banyak dan harga lokal terlalu mahal
    saya ingin import dari china. barang yang saya inginkan cable ties

    1. Trimakasih pak Marsandi sdh singgah disini. Bapak lokasi dmn? Apakah bpk sdg mencari supplier di China atau cari forwardernya?

    1. Kalau sparepart sama saja pak dari Jepang atai China. Ttp wkt keluar dr Batam harus bayar bea dan cukai sebesar 27,5% dari harga barang apabila harganya lebih dari 100USD pada sekali pengiriman.

  2. permisi pak, mau tanya, saya mau merantau ke batam dan rencana mau beli laptop dari china (pemakaian pribadi) nilai barang tersebut tidak lebih dari 1000$ apakah tetap dikenakan pajak? atau di bebaskan? lalu prosedurnya bagaimana? terima kasih..

    1. tidak dikenakan cukai pak Yogi.
      Pak Yogi beli online, bisa lgsg dialamatkan kerumah di Batam kalau nilainya tidak sampai 1000 usd.

      kalau mau lbh nyaman, pak Yogi bisa menggunakan forwarder yg di Batam. mereka jg terima kok paket kecil.
      mereka akan memberikan alamat gudang forwarder di China. jadi waktu order online, masukkan alamat pengiriman yaitu alamat gudang forwarder dengan catatan agar diatas paket dituliskan code marking yang di berikan oleh forwarder.

  3. Malam, bagaimana cara mengirim barang dari Malaysia ke Batam?
    Apakah penerima bisa perorangan atau berbadan hukum?
    Terima kasih.

    1. Perorangan bisa bu,
      ibu tinggal menunjuk forwarder di Batam utk mengatur barang itu dari Malaysia hingga sampai di Batam.
      Forwarder akan memberikan alamat gudang mereka yg di malaysia dengan code marking tertentu.

  4. Malam pak,
    Pak mau konsultasi. Saya tinggal d bintan dan ada keluarga di batam jg. Rencana saya mau beli mesin dari china dgn harga 1300USD. Klau saya kirim dari cina kebatam alamat rmh keluarrga. apa kah bebas semua pajak masuk dan apa saja prosedurnya.? . Krn ini pertama kali saya coba impor. Terima kasih

    1. Selamat malam pak Fadli,
      trimakasih telah singgah di blog sy.
      utk impor barang dari China ke Batam tentu tidak dikenankan bea dan cukai. tp waktu bpak bawa mesin tsb dari Batam ke Bintan, akan dikenakan cukai. tp kalau mesin ukuran kecil, bisa masuk dalam mobil pribadi, bapak bisa membawanya dengan mobil lgsg ke bintan melalui roro.

  5. Permisi, mau tanya bagaimana melakukan impor barang dari korea? Dan apakah ada quantity minimum untuk satu kali pengiriman?

    1. impor dari Korea ke Batam sama dengan impor dari negara lain ke Batam bu. quantitiy minimum yg dipersyaratkan forwarder adalah 1 kubik.

    1. dari Batam ke Pontianak akn kita teruskan stlh repacking agar pengiriman bisa tdk kena cukai jadi sekali pengiriman kita batasi 6 paket per alamat per hari dmn 1 paket skitar 2-3 kg.
      kalau ada 2 atau 3 alamat pengiriman yg berbeda akan membantu lbh cepat

  6. Selamat Sore Pak,
    mau tanya kalau mau import barang dari china ke batam pakai jasa apa yang bagus ya?

    Thank’s
    Regard’s Yudi

  7. Pagi Pak

    Sy merupakan logistic dari prusahhan trading di jakarta, barang2 kami biasanya masuk dari cina ke Jakarta, sekarang, barang2 kami yang masuk kalah saing dengan barang2 yang masuk dari batam, padahal, barang yang masuk adalah barang yang sama.
    Mohon advice, kenapa hal ini bisa terjadi, apakah ada permainan khusu kalau impor ke batam.
    Note: kami selalu impor per container.

    Terimakasih sebelumnya.

    Regards
    DIAN

    1. Selamat pagi mb Dian, tdk ada permainan bu.. pengusaha hanya memanfaatkan celah yg ada. krn Batam adalah wilayah FTZ dimana barang masuk tidak dikenakan be masuk dgn jumlah maksimum tertentu sehingga ibu impor ke Batam tidak ada bea masuk. prosesnya jg relatif lbh cepat.
      kemudian dari Batam, biasanya kami yang handel utk teruskan ke Jakarta atau daerah lain via udara. saat barang kami teruskan kami repacking barang impor itu utk sesuai ketentuan maksimum di bea cukai bandara di Batam. pengiriman kita cicil. sehingga tidak kena cukai.
      demikianlah prosesnya sehingga barang impor lewat batam biayanya lbh murah.

      kami banyak melayani perusahaan logistic yg di Jakarta termasuk mereka yg sering2 bikin seminar2 impor itu bu…

      utk selanjutnya ibu bisa kmonunikasi dengan saya di WA 081991177931

  8. Selamat pagi

    Pak.. klo saya Impor dr China ke Batam, lalu saya ambil sendiri di Batam nya boleh ga?

    Pakai mobil pribadi, tx 

    1. tau pak Ricky.. memang sy sehari-hari mitra dengan forwarder. silahkan kontek saya mll WA 081991177931 utk detail

  9. Selamat Malam

    Pak kalau impor barang lartas (kosmetik) dari Korea ke batam lalu ke jkt bagaimana? Apa tetap sama saja? Bapak apa ada rekomendasi forwarder yg bisa handling Dr Korea? Terimakasih

    1. Sementara ini kosmetik non BPOM tidak bisa lewat dari Batam.
      Utk proses impor melalui Batam tentu lebh menguntungkan krn tidak dikenakan cukai barang masuk.

  10. Saya tinggal di batam… mohon info alamat gudang barang barang import di batam diamna ya? Rencanany saya mau beli untuk dijual ecer via online…tp g tau gudang barang barang import ini ada dimana… terima kasih

    1. Selamat siang bu Indah.. barang2 apa saja yg ibu maksudkan?
      Kalau gudang forwarder mereka tidak menjual barang. mereka hanya mengurus barang impor tiba di Batam dan kemudian di bawa ke gudang importir.
      Kalau ibu tanya gudang importir utk penjualan reseller misalnya tas, ada banyak di Batam bu Indah…
      selanjutnya bisa WA saya di 081991177931

  11. Slmt malam pak, sy ada rencana mau masukkin barang berbentuk Dried Flower Tea Leaf Organic (teh bunga yg dikeringkan utk konsumsi) dari China ke Batam. Sy mau tanya apakah brg tsb tergolong lartas?

    Kalo bukan lartas, Apakah brg tsb dikenakan bea masuk ketika produk sampai di Batam? Harga brg adalah USD 10/kg, saya rencana ingin ambil 10kg, jadi sekitar USD 100 totalnya. Jika bisa, sy rencana akan rutin mengambil produk tsb. Mohon pencerahannya. Trims

  12. Pagi pak. Kalau menggunakan jasa forwarder , kiranya biaya apa saja yg kita bayarkan dan apakah dikenakan pajak.
    Saya ada rencana untuk beli jam tangan untuk dipasarkan kembali di area jambi.
    Mohon info ny.trim’s

  13. Pagi pak. Kalau menggunakan jasa forwarder , kiranya biaya apa saja yg kita bayarkan dan apakah dikenakan pajak.
    Saya ada rencana untuk beli jam tangan untuk dipasarkan kembali di area jambi.
    Mohon info ny.trim’s

  14. Siang bapak, saya baca diatas untuk barang import melalui batam 1 cbm. Untuk kiriman keluar batam akan repacking ulang. Nah kalau jumlah barang dalam 1cbm (berat hanya sekitar 100kg) jumlah barang sekitar 10000pcs
    1. hitungan dan proses kiriman ke kita (misal surabaya) bagaimana ya pak (biar irit pajak)?
    2. Berapa lama waktu dibutuhkan misal china-batam dan batam-kita (misal surabaya)
    Terima kasih

    1. 1. Di Batam kita akan repacking dengan size krg lebih 30x30x25 atau berat maksimal 4 kg.. jadi tergantung ukuran barang. Dgn cara ini tidak akan kena pajak sama sekali
      2. Dari China ke Batam pada umumnya 2 sd 3 minggu. dari Batam ke Surabaya kita akan berangkatkan 6 paket per alamat penerima per hari. jadi skitar 24 kg per hari per alamat. karena itu kita minta alamat lbh dari satu.
      Sbg informasi, biaya repacking hanya 3000/paket maksimal 4 kg tergantung size. Ongkir Batam ke Surabaya hanya 17.000 per kg antar sampai alamat.

      utk detail boleh WA ke 081991177931

  15. Siang pak, saya berencana untuk membeli kebutuhan salon berupa kutek, warna dan peralatan dr cina. Saya sudah ada supplier. Bisa dibantu? Terima kasih

  16. Siang pak. Bagaimana proses pengiriman barang dari Batam ke Medan bila nilainya sekitar USD 2000 barang adalah 10 unit kipas angin yg belum dirakit dengan total volume 2 cbm dan berat sekitar 950 kg. Apa saja syarat dan dokumen yg diperlukan untuk proses pengirimannya juga besar pajaknya.

    1. Pak Lyster perlu siapkan invoice saja dalam rupiah. Nanti akan membayar bea cukai 27,5% dari harga barang.. diluar ongkir dari Batam ke Medan. Batam ke Medan ongkir 18.000 per kg via udara (lion Parcel)

  17. Maaf pak saya ingin bertanya,apabila kita mengimpor kosmetik melebihi 1500$, dan domisili kita dibatam. Apakah bebas bea cukai import? Apabila menggunakan jasa forwarder berapa biayanya? Apakah jika produk tersebut dipasarkan onlie dalam bentuk satuan/eceran ke kota2 diindonesia langsung ke alamat pembeli dikenakan bea cukai juga?

    1. Pak Reza, scr aturan kosmetik yang tidak ada ijin POM tidak bisa masuk. tapi nyatanya ada juga beredar dipasaran. blh japri sj pak dgn saya di WA 081991177931

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *