Hal yang perlu diketahui sebelum travelling ke Singapura

Posted on

Singapura adalah salah satu destinasi liburan terkenal di dunia. Bukan hanya untuk liburan, untuk investasi jangka panjang, tempat tinggal ekspatriat, bahkan sekedar melakukan perjalanan bisnis, Singapura sangat menarik. Negara kota ini terkenal sebagai kota yang bersih, aman, dan efisien.

Ada banyak alasan yang mungkin membuat anda memilih pergi ke Singapura seperti liburan singkat atau menghabiskan masa pensiun disana. Apapun alasan anda bepergian ke Singapura, jalan-jalan atau bisnis, anda akan merasakan pengalaman hidup yang tidak akan terlupakan.

Baca juga: Gunakan Boarding Pass Citilink Anda Untuk Dapatkan Diskon Tiket Ferry Ke Singapura

Namun ada beberap hal yang perlu anda perhatikan saat berada di Singapura.

1. Singapura menerapkan hukum sangat ketat

CCTV

 Saat anda di Singapura, tidak perlu kuatir dengan keselamatan anda. Keamanan anda dan barang bawaan anda terjamin. Kejahatan di jalanan sangat jarang terjadi. Bahkan orang dengan kecanduan alkohol, Singapura adalah paling rendah di dunia.

Pemerintah Singapura sangat menjaga keamanan dan kenyamanan setiap warganya dan setiap pendatang ke negaranya.

Namun turis sering didenda dan dipenjarakan karena pelanggaran menyebrang jalan, membuang sampah sembarangan, meludah sembarangan, dan tidak menyiram toilet. Ini benar!

Jika anda di denda atau dipenjara karena pelanggaran yang tidak anda sadari sebagai pelanggaran atau karena anda diberi informasi yang salah, anda mungkin akan di denda saja dan dilepaskan. Hanya akan diberikan surat teguran atau peringatan. Namun jangan mengulangi kesalahan

2. Singapura memiliki ekspatriat dari seluruh dunia

ekspatriat

Banyak orang dari seluruh dunia memilih tinggal di Singapura dan menjadikan Singapura menajadi rumah kedua.

Sekitar 40% populasi Singapura datang dari berbagai negara di dunia termasuk dari negara sekitar, Asia, Eropa, Afrika dan Amerika.

Anda bisa dengan mudah membangun kontak dengan ekspatriat terdahulu untuk mendapatkan petunjuk bahkan untuk melihat peluang kerjasama bisnis dan urusan lain-lain. Forum ekspatriat cukup aktif.

3. Transportasi publik di Singapura sangat baik

Mass Rapid Transit

Mass Rapid Transit (MRT) Singapura adalah transportasi kereta yang dikenal paling aman, bersih dan efisien di dunia. Hampir semua area di Singapura dapat dijangkau dengan menggunakan MRT. Gunakan EazyCard kartu khusus akses MRT. EazyCard juga bisa digunakan untuk bus diseluruh Singapura. Inilah yang dinamakan layanan transportasi massal terpadu.

Tapi jangan heran jika pada jam-jam padat, anda harus berdesak-desakan dengan penumpang lain dalam MRT akibat penuh.

Taksi juga mudah ditemukan di tempat-tempat umum. Kalau anda lupa bawa uang tunai dolar Singapura, jangan kuatir, anda bisa membayar ongkos taksi anda menggunakan kartu kredit.

4. Singapura adalah kota yang modern dan nyaman

Sudut kota

 Dinegara kita Indonesia, jangan coba-coba minum air langsung dari kran dirumah. Kalau di Singapura air yang keluar dari kran baik dirumah, di hotel, atau di tempat umum sudah layak minum.

Singapura memikirkan bagaimana memberikan kemudahan bagi para traveller. Hampir semua tempat-tempat perbelanjaan menerima pembayaran dengan dolar Amerika, dolar Australia dan Poundsterling Inggris. Tapi tidak mungkin dengan rupiah.

Salah satu hal yang sangat dipuji di Singapura adalah aksesibilitas terhadapa penyandang disabilitas dan yang menggunakan kursi roda. Di toilet, di transportasi umum, bahkan di tempat-tempat lain sering ditemukan akomodasi untuk penyandang cacat.

5. Singapura memiliki perawatan medis yang sangat baik (tapi mahal)

Hospital

 Sebelum ke Singapura, adalah bijak jika anda mendapatkan beberapa suntikan vaksin untuk keamanan kesehatan anda. Perawatan medis yang sangat mahal bisa menjadi hal yang menjengkelkan jika harus dialami saat sedang jalan-jalan di negara orang.

Intinya, jaga kesehatan dengan istrahat yang cukup dan konsumsi makanan dengan pola yang sehat.

Kesimpulannya, Singapura adalah negara yang menakjubkan, kenyamanan travelling , tinggal dan untuk bisnis, kesediaan teknologi penunjuang produktifitas dan yang paling penting keamanan dan kenyamanan sangat terjamin. Anda akan merasa bahwa Singapura layak untuk menjadi tempat tinggal lebih lama.

Untuk referensi anda bisa mengunjungi www.yoursingapore.com

 

2 thoughts on “Hal yang perlu diketahui sebelum travelling ke Singapura

  1. Berawal dari sejenis pengekangan hukum terhadap warganya, yang lambat laun menjadi kebiasaan hukum, menjadikan Singapore negara yang taat hukum. Didukung oleh fasilitas teknologi maju di semua lini kehidupan dan fasilitas umum.
    Semestinya penerapan semacam ini dilakukan di Indonesia, seandainya bukan sekarang, paling tidak step by step, sebelum semua terlanjur terlena dengan kebebasan yang "dipayungi" HAM (mungkin sekedar penyalahgunaan saja…may be)
    Senang sekali bisa berkunjung ke Singapore, meskipun banyak jenis tipe manusia di sana terasa lebih nyaman dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *