Cara mudah mencari ide bisnis

Posted on

Bagi Anda yang ingin memulai untuk berbisnis, seringkali menemui masalah tentang ide bisnis apa yang akan Anda jalankan bukan? Tidak bisa dipungkiri lagi, hal ini memang lumrah terjadi.

Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengatasi hal tersebut. Karena, untuk menemukan sebuah ide tidak perlu seseorang yang berpendidikan tinggi. Anda bisa menemukan ide dimana saja, kapan saja dan pada saat apa saja.

Baca juga: 5 bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan.

Berikut tips yang bisa saya berikan untuk menginspirasi Anda agar menemukan ide bisnis dengan cara yang relatif mudah.

Lihatlah lingkungan sekeliling

Hal yang paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan berjalan-jalan di sekeliling lingkungan rumah Anda. Anda bisa mendapati misalnya toko laundry, tempat pencucian sepeda motor atau mobil, toko jual pulsa, warnet dan lain sebagainya.

Anda bisa jadi terinspirasi untuk membuka usaha yang sejenis, akan tetapi Anda harus membubuhkan kreatifitas dan inovasi agar usaha yang Anda jalankan memliki warna lain lagi, variatif dan lebih menarik.

Dan sebenarnya di sekeliling Anda ada banyak masalah. Anda hanya perlu mencari strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut lalu visualisasikan pemecahan yang Anda dapatkan menjadi sebuah bisnis.

Peka Akan Kebutuhan Masyarakat

Kebutuhan masyarakat yang dimaksud adalah segala hal yang sudah ada di masyarakat dan harus dipenuhi agar bisa melakukan sesuatu. Kebutuhan pada masyarakat pada adsarnya ada 3 jenis, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Jika Anda sudah peka akan kebutuhan masyarakat, dapat dipastikan usaha Anda akan bertahan lama.

Peka Akan Keinginan Masyarakat

Jika berbicara tentang keinginan masyarakat, ini bukanlah apa yang mestinya harus ada dan tersedia dalam kehidupan masyarakat. Akan tetapi, keinginan disini adalah apa yang diinginkan oleh masyarakat atau orang lain meskipun tidak dibutuhkan.

Jika Anda peka terhadap apa yang menjadi keinginan dari kebanyakan orang, tentunya Anda juga berhasil menemukan peluang usaha yang bisa Anda jalankan. Namun tentunya Anda juga rajin mengikuti apa yang menjadi trend di tengah masyarakat saat ini.

Belajar dari Kesuksesan Bisnis Lainnya

Anda juga bisa melakukan cara ini karena cara ini merupakan cara yang simpel. Anda hanya perlu mempelajari bagaimana sampai akhirnya bisnis yang tengah Anda amati itu terus berkembang dan bertahan lama.

Lalu Anda dapat membangun bisnis yang sama namun tentunya dengan konsep Anda sendiri sehingga memberikan kesan unik pada bisnis Anda, dan tetap ada sisi yang berbeda dari bisnis Anda dengan bisnis lainnya.

Sekali lagi, alangkah lebih baik jika ide bisnis yang Anda cetuskan tersebut merupakan sebuah jawaban dari permasalahan yang ada di sekeliling Anda, disamping ide bisnis itu dituntut untuk kreatif serta inovatif sehingga kelangsungannya dapat bertahan lama.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *