Cara Mendapatkan Supplier Terpercaya di China

Posted on

Hal yang paling dikhwatirkan saat belanja online adalah kalau supplier tidak mengirimkan pesanan sama sekali atau dikirimkan tapi kualitas mengecewakan. Untuk itu kita harus selektif dalam memilih supplier. Kita sebaiknya melakukan penyelidikan dan pemeriksaan sedikit tentang status dan performance dari supplier yang kita inginkan.

Untuk mendapatkan supplier terpercaya di China, kita bisa menggunakan 6 indikator yang terdapat di lama Alibaba.com:

  1. Lama perusahaan terdaftar di Alibaba. Paling tidak kita bisa melihat konsistensi dari sebuah perusahaan apabila usianya sudah cukup. Tentu ada juga perusahaan yang baru terdaftar satu tahun langsung menunjukkan performance yang sangat baik.
  2. Memiliki badge Trade Assurance. Badge ini berwarna gold. Supplier yang memiliki badge ini adalah supplier yang penjualannya mendapatkan jaminan bagi pembeli dari Alibaba. Apabila supplier gagal mengirimkan barang pesanan pembeli, maka alibaba akan mengembalikan dana yang sudah sempat ditransferkan oleh pembeli. Selain itu Alibaba juga memberikan bantuan pemeriksaan kualitas dan ketepatan waktu pengiriman.
  3. Supplier memiliki badge Verified Supplier, artinya supplier ini telah lulus inspeksi oleh Alibaba dan oleh pihak ketiga. Inspeksi biasa dilakukan terhadap dokumen legalitas perusahaan dan juga inspeksi tempat, kantor dan pabrik.
  4. Periksa Transaction Level. Badge ini berbentuk diamon berwarna jingga. Ini adalah score yang didasarkan pada akumulasi volume transaksi selama supplier terdapftar di Alibaba. Skor ini antara 1 sampai dengan 10. Semakin tinggi skor yang didapatkan supplier artinya performance perusahaan sangat baik.
  5. Gold Supplier. Adalah supplier berbayar untuk terdaftar di Alibaba atau yang disebut dengan paid membership. Mereka ini akan mendapatkan benefit prioritas dari Alibaba. Kalau supplier adalah gold supplier, ini menunjukkan keseriusan sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.
  6. Yang terakhir kita bisa menilai dari respon supplier saat dihubungi. Gunakan fasilitas contact supplier atau chat now di website / aplikasi Alibaba untuk menghubungi supplier, kemudian lihat bagaimana responnya dalam hal kecepatan membalas, menyediakan informasi yang kita butuhkan.

Selengkapnya saksikan video dibawa ini. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan video-video bermanfaat lainnya yang akan membahas mengenai impor barang dari China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *