Barang-barang yang sering diimpor dari China melalui Batam

Posted on

Batam menjadi rute primadona untuk impor barang dari China ke Indonesia. Importir dari Jakarta dan Surabaya lebih memilih impor barang dari China melalui Batam ketimbang langsung ke Tanjung Priok di Jakarta. Para importir memanfaatkan status Batam sebagai Free Trade Zone dimana impor barang dengan FOB maksimal 1000 USD dibebaskan dari bea dan cukai.

Beberapa importir sudah sangat pandai melihat peluang barang-barang apa saja yang mudah terserap di pasaran Indonesia. Informasi ini tentu sangat bermanfaat bagi importir pemula yang ingin mengadu peruntungan di dunia impor.

Lantas, apa saja barang-barang yang sering diimpor dari China melalui Batam?

Tas Wanita 

Tas wanita masih mendominasi barang impor dari China yang dikirim melalui Batam. Tidak heran banyak sekali gudang importir khusus tas di kota Batam yang membuka peluang reseller.

Harga rata-rata produk tas ini dari China adalah Rp. 50.000 s/d Rp. 150.000 dengan penjualan rata-rata di Indonesia hingga Rp. 350.000 tergantung jenis dan materialnya.

Bisnis tas wanita memang tidak ada habisnya. Bagaiaman tidak, wanita memang merupakan sasaran sempurna produk-produk seperti ini. Setiap wanita memiliki lebih dari satu tas. Mereka harus menyesuaikan tas-nya dengan warna dan model pakaian yang dipakainya.

Baca juga : Impor barang dari China melalui Batam

Tas Ransel Pria

Ransel pria sedang tren terutama tas ransel dengan zip tersembunyi. dengan model dan size yang pas, tas ransel ini di desain untuk bisa memuat kebutuhan praktis pria seperti laptop dan perlengkapan lainnya. Bahkan tas ransel sekarang banyak dilengkapi dengan charger handphone yang sudah “built in” dengan tas.

Harga grosir dari China berkisar antara 7 sd 15 USD tergantung size dan materialnya. Dengan harga jual hingga Rp. 300.000 di Indonesia, tentu bisnis tas ransel ini masih menjanjikan.

Mainan (Puzzle wooden toys)

Puzzle wooden toys adalah mainan yang terbuat dari kayu. Mainan ini dipakai sebagai alat peraga untuk pengenalan objek bagi anak-anak. Seperti pengenalan huruf, angka, hewan dan tumbuhan.

Mainan kayu ini cukup populer digunakan di sekolah-sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Harga grosir rata-rata dari China per buah adalah 1 USD dengan minimal order 100 pcs.

Botol minum anak-anak

Gambar botol minum disamping adalah jenis botol air yang paling laris. Desain simpel minmalis dan ringan. Material sangat kuat. Harga grosir dari China sekitar 4 USD saja dengan minimal impor 500 pcs.

Jika anda impor botol air ini, jutaan anak sekolah siap menjadi custome anda. Warna cap yang beragam bisa anda pilih sesuai selera. Desain yang simpel dengan leher botol yang agak lebar, memungkinkan botol ini mudah dicuci bagian dalamnya.

Payung

Payung terbalik atau reverse umbrella sekarang ini lagi populer. Payung ini sangat cocok terutama untuk pengendara mobil. Ketika payung ditutup kuncupnya akan mengarah kebawah jadi tidak perlua kwhatir tersangkut di pintu mobil.

Harga grosir payung ini sangatlah murah. Hanya sekitar 1,5 sd 2 USD dengan minimal order 500 pcs. Padahal sekarang ini harganya di Indonesia antara Rp. 70.000 sd 120.000. Keuntungan berlipat.

Untuk barang-barang populer lainnya bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah. Kami akan membalas semua pertanyaan.

Sebagai tips impor untuk anda, karena ongkos impor dari China ke Batam hitungnya ada per CBM, maka lebih menguntungkan impor barang-barang yang kecil tetapi untungnya diatas 200% daripada barang-barang ukuran sedang dan besar dengan keuntungan hanya 100% misalnya.

Tapi itu tergantung pasar yang anda punya saya. Karena itu sebelum memutuskan barang apa yang harus di impor, sebaiknya lakukan sedikit riset pasar.

 

 

3 thoughts on “Barang-barang yang sering diimpor dari China melalui Batam

  1. selamat malam pak,saya dzikri,tinggal di batam,kbetulan saya minat untuk belajar menjadi pengusaha dan menjual barang dari china,
    minta arahannya pak,
    memanfaatkan celah batam yg tidak di kenakan biyaya,,

    1. Selamat siangpak Dzikri.. mantap semangatnya pak..
      bpk bisa riset dulu barang apa yang ingin bapak impor.
      sebagai tips, pilihlah barang yg ukurannya tidak besar sehingga tdk rugi di cbm, dan bisa jual dengan margin hingga 100% bahkan lebih.

      Kemudian, sebelm order komunikasi dulu dgn forwarder kita yg di Batam utk marking code dan alamat gudang forwarder yg di China.
      setelah itu tinggal nunggu barangnya sampai di Batam

      btw, sy dengar ada seminar impor di Batam tgl 10 Mei jam 17 di hotel ibis style, seraya. mungkin bapak bisa join utk belajar sekalian.

  2. Sore Pak, sy Lina
    Mau tanya pak, sy rencana mau impor brg dri china ke batam.
    Sy domisili di batam
    Sy sedang mencari forwader Pak
    Mhn informasi nya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *