Bagaimana cara membantu pasangan anda berubah?

Posted on

Pernahkah kesal dengan sikap dan cara berpikir pasangan anda? Dan anda berusaha untuk mengubahnya?

Bukan perubahan yang terjadi, anda malah lelah dan pasangan anda semakin merasa tertekan! Anda gagal.

Hal ini terjadi karena tidak mungkin untuk memaksa orang untuk berubah. Bahkan jika mereka dapat mengubah tindakan dan sikapnya, mungkin tidak tetap seperti itu untuk waktu yang lama. Lagi pula seperti saya katakan diatas, mencoba untuk mengubah orang secara langsung dapat merusak hubungan.

Daripada  mencoba terus-menerus menerapkan pandangan dan seperangkat aturan anda sendiri, cobalah mengubah hal-hal lain yang dapat membantu seseorang berpikir dua kali tentang cara berperilakunya. Ada beberapa cara untuk melakukan ini.

Metode pertama dengan mengubah perintah anda menjadi usulan yang wajib untuk diikuti bersama. Jika itu tidak berhasil, cobalah mengubah diri sendiri.

Mungkinkah anda dapat mengubah orang lain sehingga mereka akan menjadi lebih baik? pasangan yang terbaik, anak-anak, teman sekamar, rekan kerja dan karyawan? Kita ingin anak kita belajar lebih keras dan membersihkan kamar mereka sendiri, saudara-saudara kita untuk menjadi lebih sehat, dan sebagainya.

Pada dasarnya orang tidak mudah berubah. Kita tidak bisa memaksa istri untuk berubah. Hal ini bisa menyebabkan tidak adanya akhir frustrasi bagi kita, dan orang yang Anda coba untuk ubah semakin tertekan.

Sebaliknya, yang perlu kita ubah adalah:

1. Niat
Alih-alih menginginkan
mereka untuk berubah, kita dapat membantunya dengan bimbingan, tetapi
jangan mengharapkan mereka untuk menerima bimbingan ini. Kita dapat
menunjukkan kepadanya bagaimana bimbingan dapat berguna jika diikuti,
tapi jangan pula paksa mereka untuk mengikuti cara itu.

2. Respon anda terhadap tindakan mereka (pasangan anda).
Jika ia tengah frustrasi, kita dapat membantunya menemukan sesuatu dalam hidupnya yang sepatutnya disyukuri. Kita bisa melihat kebajikan dalam dirinya, bukan malah kesalahan mereka. Kita dapat mengubah ekspektasi kita dari mereka, dan sebagai gantinya menerima mereka apa adanya

3. Jadilah teladan.
Jika istri anda marah-marah sepanjang waktu dan tentu anda tidak suka itu, bukannya anda marah-marah balik, tapi jadilah contoh buat dia. Tunjukkan kepadanya bagaimana mengatasi keadaan yang frustasi, bukan dengan amarah tetapi tenang, kendalikan diri dan tunjukkan kasih sayang.

4. Diri kita sendiri. 
Jika sudah gagal mengubah pasangan, cobalah terlebih dahulu mengubah diri anda sendiri, dan lihat betapa mudahnya perubahan itu terjadi kepada pasangan anda nanti. Kembangkan kebiasan-kebiasan kecil untuk membangun atmosfer “bahagia” di rumah anda.

Jika kita mampu dan mau melakukan empat hal diatas, daripada mencoba untuk mengubah orang lain, anda mau memulai mengubah diri sendiri. Memang sih tidak mudah, rasanya kok kita saja yang mengalah, tapi jika itu berhasil anda dan pasangan anda juga yang akan akan lebih bahagia. Dan hubungan anda dengan orang lain akan jauh lebih baik.

Mau? yang mau share artikel ini yah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *