7 hal yang bisa anda lakukan untuk membawa perubahan positif di Indonesia

Posted on

Sebagai warga negara yang baik, kita wajib berpartisipasi dalam proses pembangunan bangsa dan negara kita. Berpartisipasi bisa dilakukan dari hal-hal sederhana hingga hal-hal yang lebih serius.

Setiap warga negara tentu menginginkan perubahan positif di bangsa ini. Mari kita jangan hanya berharap tetapi secara aktif terlibat dalam proses itu.

Inilah 7 hal yang bisa kita lakukan yang terinspirasi dari catatan brother Jonathan Marpaung di laman Quora.

1. Gunakan hak pilih dalam pemilu/pilkada dan pilih orang yang tepat

Dorong juga orang lain untuk menggunakan hak pilihnya. Kita yang menentukan nasib bangsa ini melalui pemilihan umum atau pemilukada. Pilihlah calon pemimpin bukan berdasarkan faktor suka/tidak suka apalagi karena disodori uang.

Pilihlah seseorang karena ia mampu membawa perubahan, karena ia berkompeten, karena ia jujur dan amanah. Perhatikan track recordnya.

Baca juga: Beginilah cara kerja politik, baca dan termukan pencerahan!

2. Bayar Pajak

Sudah punya NPWP belum? kalau belum segera urus di kantor pajak. Selanjutnya setorkan pajak secara rutin dan jujur kepada negara melalui kantor perpajakan.

Pajak adalah sumber utama pendapatan negara untuk pembangunan. Pembiayaan negara 70% dari pajak.
Setelah baya pajak, kontrol pernggunaan pajak kita oleh penyelenggara negara.
Jangan teriakin koruptor makan uang negara jika anda sendiri tidak bayar kewajiban kepada negara, sama aja maling teriak maling bukan?

3. Awasi pemerintah

Jangan sampai pajak yang kita bayar malah menggemukkan buku rekening pribadi mereka atau keluarganya. Jika anda menemukan indikasi korupsi dan ingin melaporkannya diam-diam, bagaimana caranya? laporkan saja ke KPK melalui KPK Whislteblower’s system. System ini bisa ditemukan dengan malayari laman KPK.

Mungkin operasi tangkap tangan KPK beberapa berdasarkan laporan dari system ini. Bisa jadi..

4. Sekolah

Pergilah belajar dan menuntut ilmu di sekolah. Dapatkan ijazah secara legal bukan yang abal-abal. Sekolah bukan hanya untuk gelar tapi untuk manimba ilmu pengetahuan, keahlian dan pembentukan karakter.

5. Apapun yang anda perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu

Jika setiap orang memiliki sikap seperti ini, akan sangat sulit menemukan karyawan yang terlambat datang kerja, kerja hanya sekedarnya dan doyan demo.

6. Sumbangkan uang, tenaga dan waktu anda dalam kegiatan amal

Selalu ada orang yang membutuhkan uluran tangan di sekitar kita. Hendaklah yang kuat menolong yang lemah.

7. Kritik boleh tapi harus diikuti kerja nyata

Tengok saja di media sosial, ada saja orang yang sangat suka mengkritik. Bahkan seringkali kritik yang ngawur, benarpun dibilang salah. Padahal dirinya jadi ketua RT saja belum tentu mampu.

Jika mengkritik, mengkritiklah yang sehat dan konstruktif. Kemudian lanjut dengan kerja nyata. Kalau ngomong saja semua orang bisa, tapi jadilah warga negara yang bicara dan juga bekerja – kerja – kerja dan kerja. Merdeka

Kalau ada hal baik lain dari pembaca, silahkan ditambah di kolom komentar yah…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *