6 macam bisnis kopi yang bisa anda mulai

Posted on

Bisnis kopi adalah bisnis yang tidak ada habisnya. Pecinta kopi tidak hanya datang dari kalangan tertentu saja atau usia tertentu saja. Mulai dari anak muda hingga opa-opa, dari desa hingga ke kota, dari Indonesia hingga luar negeri, kita bisa menjumpai penikmat kopi setiap saat.

Peluang bisnis kopi memang masih sangat terbuka dan sangat menjanjikan. Tidak heran semakin banyak kita temukan kedai kopi mulai dari yang biasa hingga kedai kopi yang mewah dan kekinian. Semua itu untuk menjawab kebutuhan pecinta kopi.

Lalu apa saja jenis-jenis bisnis yang berkaitan dengan dunia kopi yang bisa anda jalankan? Berikut penjelasannya untuk anda:

Cafe

Cafe adalah kedai yang fokus menjual kopi dan juga menyediakan roti, kue bahkan makan siang dan makan malam.

Banyak cafe sebetulnya lebih mirip dengan set lengkap sebuah restoran. Karena tidak hanya menawarkan minuman kopi dan makanan ringan pendamping kopi, namun juga makan berat lainnya.

Anda bisa memilih jenis cafe mana yang lebih pas dan nyaman buat anda mulai.

Hal yang penting yang kita temukan di setiap cafe adalah, tema atau desain interior yang menarik untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

Itu sebabnya banyak orang berkata bahwa cafe tidak hanya menjual kopi tetapi juga menjual kenyamanan bagi pengunjungnya.

Kedai Kopi

Kedai kopi dimaksud disini adalah lebih kepada kedai kopi manual. Artinya kopi yang disajikan adalah kopi yang diseduh secara manual bagi langsung atau yang disaring.

Modal untuk membuka kedai kopi jauh lebih kecil karena tidak menggunakan mesin dan alat pembuat kopi yang biasanya harganya cukup mahal.

Tempatnya juga biasa seadanya, tidak perlu menggunakan sofa dan set tempat duduk yang mahal-mahal.

Namun kedai kopi mempunyai pangsa pasar sendiri. Apalagi kopi seduhan anda mempunyai ciri khas dari segi rasa dan cara penyajian.

Coffee truck atau gerobak kopi

Coffee truck dan gerobak kopi menjual kopi dengan berkeliling. Coffee truck menggunakan kendaraan lebih besar seperti mobil yang dimodifikasi, sedangkan gerobak kopi menggunakan sepeda motor atau sepeda kayuh dengan gerobak.

Kelebihan metode ini adalah fleksibilitasnya. Anda bisa menyasar tempat-tempat yang ramai dan berpindah-pindah tempat.

Taman bermain atau playground, area perkantoran, kawasan apartemen dan area dekat kampus adalah tempat-tempat yang sangat cocok untuk gerobak kopi.

Roasting company

Roasting company adalah perusahaan yang menghasilkan coffee bean, kopi biji yang sudah digongseng/dipanggang.

Perusahaan ini lebih mirip seperti pabrik produksi namun juga bisa sekaligus menangani distribusi.

Penampungnya bisa cafe-cafe, kedai kopi hingga supermarket.

Perlu dipastikan supply biji kopi kering berkualitas dari petani. Kemudian menjamin kualitas roasted coffee olahannya.

Drive thru coffee shop

Ini juga sebuah peluang usaha kopi yang menjanjikan. Sesuai untuk pusat-pusat keramaian seperti terminal bus dan kereta api, SPBU dan tepi jalan lintasan yang ramai.

Konsepnya adalah grab away. Pelanggan tidak duduk untuk menikmati kopinya tapi beli dan bawa pergi. Bahkan pelanggan bisa pesan kopi tanpa harus turun dari kendaraannya. Miriplah seperti drive thru yang di KFC.

Bisnis kopi ini terbilang simpel, tempat yang dibutuhkan kecil saja seperti bangunan kotak dengan penutup tenda sudah cukup. Letak diposisikan agar dapat terjangkau tangan pelanggan tanpa turun dari kendaraan.

Sediakan kemasan kopi (cup) yang sesuai untuk pengendara. Bisanya terbuat dari bahan styrofoam dengan kertas pegangan penghalang panas serta sedotan kecil.

Bagaimana? Apakah anda sudah tergugah untuk memulai bisnis kopi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *