5 Peluang Bisnis Kosmetik yang Menawan

Posted on

Bisnis kosmetik adalah bisnis yang tak ada matinya. Pangsa pasarnya pasti dan sangat luas yaitu para wanita. Kosmetik tidak terlepas dari keseharian wanita karena setiap wanita ingin tampil cantik setiap saat. Kemanapun mereka pergi kosmetik pasti dibawa serta.

Walaupun kosmetik pada umumnya digunakan oleh para wanita, bisnis yang berkaitan dengan kosmetik tidak melulu hanya diurus oleh wanita. Kaum pria justru banyak yang berhasil menggeluti bisnis dalam dunia tata rias wajah ini.

Secara umum produk-produk kecantikan atau kosmetik dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yakni skin care (perawatan kulit) , make up (dekoratif) dan produk kebutuhan spa.

Memang bisnis kosmetik didominasi oleh merek-merek besar nasional bahkan dunia. Namun anda bisa nyemplung dalam mata rantai bisnis pemain besar itu atau anda juga dapat memulai kreasi anda sendiri. Jika anda seorang yang yang memiliki minat yang kuat dalam dunia kosmetik, tidak ada salahnya memulai bisnis dibidang yang anda minati.

Berikut 5 peluang bisnis kosmetik yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagi anda.

1. Usaha Produk Kecantikan Rumahan

Seiring berkembangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahan-bahan kosmetik yang alami, peluang usaha produk kecantikan rumahan semakin bergairah. Anda perlu meng-eksplor bahan-bahan kecantikan tradisional yang sudah turun-temurun digunakan di tengah masyarakat kita, ditambahkan sentukan inovatif dari anda, anda bisa menghasilkan produk kecantikan kualitas baik yang alami.
Contoh bahan-bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan-bahan perawatan adalah susu, madu, serai, bengkuang, pepaya, kemiri, minyak bulus, beras pilihan, minyak zaitun, dan lain-lain.

Karena anda hanya memulai bisnis dari rumah, maka tentu modal yang anda butuhkan pula tidak terlalu besar. Anda bisa memasarkan produk anda mulai dari teman-teman, tetangga, temannya tetangga, satu lurah, satu kecamatan dan seterusnya. Anda juga bisa membuka kios kosmetik dan menjual produk anda sendiri disana.

2. Supplier Bahan Dasar Kosmetik

Kita beruntung berada di Indonesia, dengan iklim sub tropiknya Indonesia kaya akan tumbuh-tumbuhan dan tanaman-tanaman yang menjadi bahan dasar pembuatan kosmetik. Jika di daerah anda memiliki apa yang disebutkan diatas, sangat tepat anda memulai usaha sebagai pengepul sekaligus sebagai supplier bahan-bahan dasar kosmetik ke pabrik-pabrik kosmetik modern.

Anda bisa memulai hanya dengan satu atau dua bahan dasar saja dari yang mana yang paling mudah anda dapatkan di daerah anda. Anda juga tidak perlu menjadi petani yang menanam sendiri tetapi anda bisa menjadi pengepul yang mengumpulkan bahan-bahan itu dari para petani.

3. Membuka Salon Kecantikan (Make up artistry)

Permintaan rias kecantikan selalu tinggi. Banyak orang membutuhkan jasa rias wajah khususnya pada even-even atau upacara-upacara tertentu. Seperti misalnya acara pernikahan, pelantikan, wisuda, pentahbisan, kondangan, hingga pertemuan makan malam penting perlu jasa tata rias wajah.

Bagi wanita yang ingin hasil maksimal dan tidak mempunyai cukup waktu merias wajah sendiri, pilihan yang pasti adalah menggunakan jasa perias wajah dari salon kecantikan.

4. Reseller Produk Kosmetik

Banyak produk-produk dari merek-merek yang sudah lama dalam industri bisnis hingga pemain baru, menggunakan tenaga reseller untuk memasarkan produk mereka. Anda bisa mendaftar untuk menjadi reseller dari salah satu mereka.

Sebaiknya anda coba terlebih dahulu produk yang ingin anda jual untuk dapat mengetahui kualitasnya. Setelah anda yakin dengan kualitas satu produk, mulailah memasarkannya.

Anda bisa menawarkan kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu. Jangan lupa menggunakan social media untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

5. Nge-Blog Tentang Dunia Kecantikan dan Kosmetik

Jika anda suka menulis dan anda juga seorang yang berminat dalam dunia kosmetik, maka itu adalah paduan yang sangat bagus untuk memulai sebuah blog tentang dunia kecantikan.
Eksplor keahlian anda, perluas wawasan kecantikan anda dan tuangkan ke dalam tulisan-tulisan yang menarik dalam blog anda.

Lalu dari mana uangnya? Jika blog anda sudah banyak pembaca setia dan menjadi referensi utama bagi banyak orang dalam dunia kecantikan, blog anda sudah layak untuk menjadi publisher iklan dari google andsense. Tidak tertutup kemungkinan juga perusahaan kosmetik dari merek besar akan menghubungi anda untuk kerjasama. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *