5 pebisnis paling inspirational di dunia, siapakah mereka?

Posted on

Selalu menggugah hati membaca kisah-kisah sukses inspiratif dari orang-orang sukses. Mereka yang merintis bisnisnya dari nol hingga menjadi jaringan bisnis besar dan berpengaruh di dunia memiliki kisah-kisah perjuangan yang sangat inspiratif.

Tidak sedikit orang mendapat inspirasi dan kemudian menjadi pengusaha sukses setelah membaca atau mendengar kisah-kisah orang sukses terdahulu.

Adapula yang mempunyai kesempatan baik, menjadikan orang-orang top itu menjadi guru bisnisnya yang memberikan bimbingan langsung untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Namun, paling tidak disini kita membaca sekilas dari profil mereka, dan semoga itu menggugah isnting bisnis pembaca semua.

Richman Mthembu, seorang penulis di Quora membuat daftar 5 orang pengusaha paling inspirasional di dunia.

Sir Philip Green, Arcadia

Kekayaan senilai: 101 triliun rupiah (2016 Forbes)

Modal awal: Rp. 349.000.000

Setelah meninggalkan sekolah pada usia 15 tahun, Sir Phillip Green memulai karirnya ritel dengan mengimpor jeans dari Negeri Timur jauh dan menjualnya ke pengecer-pengecer di London. Rupanya sukses berpihak padanya. Melalui Taveta Insvestment, Philip Green kemudian mengambil alih grup Arcadia, pemilik jaringan retailer fashion merek terkenal termasuk Burton, Miss Selfridge dan Topshop dan lain-lainnya.

Di tangan Green, Arcadia Grup bukan hanya fokus di Eropa lagi namun dikembangkan di Amerika.

Mike Ashley, Sports Direct

Kekayaan senilai 36.84 triliun rupiah (2016 Forbes)
Modal awal: Rp. 174.000.000
Setelah meninggalkan sekolah pada usia 16, dan setelah mengalami cedera, ia menjadi pelatih olahraga squash tingkat county (semacam kota). Kemudian Pada 1980-an pria kelahiran 1964 ini membuka toko olahraga & Ski pertamanya di Maidenhead. Kemudian ia mendirikan Sports Direct dengan pinjaman uang Rp. 174 juta dari keluarganya. Saat ini Sports Direct adalah jaringan penjualan alat-alat olahraga terbesar di dunia.
Pada 2012 saja Forbes menempatkannya pada urutan 15 terkaya di Inggris.
Saat ini Ashley juga menjadi pemilik klub sepakbola terkenal Inggris Newcastle united setelah Ashley membayar 2.3 triliun rupiah. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sir Richard Branson, Virgin

Kekayaan bersih senilai 67,1 triliun rupiah (2016 forbes)
Modal awal dengan: 5 juta rupiah
Richard Charles Nicholas Branson mempublikasikan majalah pertamanya pada usia hanya 16 tahun bernama student. Pada tahun 1970 ia mendirikan perusahaan rekaman mail order dan dalam setahun telah membuka toko pertamanya di London Oxford Street, kemudian Virgin Records hingga Virgin Megastores. Pada tahun 1980-an ia mendirikan Virgin Atlantic Airways.
Merek Virgin sekarang mencakup segala sesuatu dari telekomunikasi hingga perjalanan wisata ruang angkasa.

Peter Hargreaves, Hargreaves Landsdowne

Kekayaan bersih senilai: 40,7 triliun rupiah
Modal pertama: 8,7 juta rupiahHargreaves dan rekan bisnisnya Stephen Landsdown memulai bisnis broker investasi mereka dari kamar tidur pada tahun 1981, dengan hanya modal awal 8,7 juta rupiah dan menjadikan mobil mereka sebagai aset perusahaan. Pada tahun 2007 perusahaannya sudah terdaftar di pasar saham London dengan nilai 13,9 triliun rupiah.

Sir Anwar Pervez dan keluarga, Bestway

Kekayaan bersih senilai: 26 triliun rupiah
Dimulai dengan modal: Rp. 38.000.000
Lahir di Pakistan, Pervez pindah ke Britania pada usia 21 tahun dan kemudian membuka mini market pertamanya di London’s Earls Court. Pada awal tahun 70-an ia telah mengubah nama bisnisnya menjadi Bestway dan telah membuka 10 mini market di sekitar Kota London bagian barat.
Pada tahun 1976, Pervez membuka Gudang Grosir Bestway pertamanya di Acton, London Barat. Kemudian perusahaan ini berkembang menjadi perusahaan besar, dan pada tahun 2014 Bestway adalah grosir independen terbesar kedua di Inggris.
Kesamaan dari mereka semua adalah, mereka tidak mewarisi kekayaannya dari orang tua tetapi kekayaannya merupakan hasil kerja kerasnya.
Seperti kata pepatah cina, tidak ada langkah 1000 tanpa langkah pertama. Mereka telah berani memulai langkah pertama dan ternyata mereka dikejutkan dengan langkah-langkah berikutnya yang penuh kejayaan.
Kalau mereka bisa, anda dan saya juga pasti bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *