5 keahlian wajib untuk menunjang kesuksesan anda

Posted on
Berapa banyak skill yang anda kuasai saat ini? Ada banyak jenis keahlian wajib yang bisa dimiliki setiap orang untuk menunjang pertumbuhan karirnya.
Keahlian dalam bidang-bidang khusus yang dimiliki seseorang memungkinkannya dapat memperoleh pekerjaan atau menjalankan usaha sesuai skill tersebut.
Dari sekian banyak skill yang bisa anda miliki, disini kita akan bahas 5 saja skill yang wajib anda miliki untuk menunjang kesuksesan anda.

1.  Menguasai bahasa asing

Pada zaman globalisasi dan zaman teknologi seperti sekarang ini, menguasai bahasa asing adalah sebuah keharusan.
Setidaknya satu bahasa asing yang dipakai secara luas di dunia yaitu bahasa Inggris. Kalau bisa menguasai bahasa asing lain seperti bahasa China atau bahasa Jerman akan jauh lebih baik lagi.
Dengan menguasai bahasa asing anda mempunyai akses lebih mudah dan lebih luas. Pasar anda menjadi tidak terbatas. Pasar anda bukan lagi hanya di Indonesia tapi anda bisa membangun hubungan bisnis dengan orang-orang asing.
Teknologi pun lebih mudah dipahami dan dipelajari.

2. Manajemen keuangan pribadi

Kalau anda tidak bisa mengelola keuangan pribadi dan keluarga anda dengan baik, akan bisa membuat segala yang sudah anda capai hancur.
Kembangkan kemampuan  mengelola budgeting, income dan saving.
Perhatikan dengan teliti setiap pengeluaran, belanja keluarga, tagihan listrik dan air dan tagihan-tagihan lainnya, dan jangan lupa untuk ber-investasi sesuai kemampuan keuangan anda.
Namun selalu ingat, uang bukanlah segalanya. Uang hanyalah salah satu pilar untuk menunjang kehidupan anda untuk mencapai tujuan.

3. Leadership

Sebetulnya semua orang sudah memiliki potensi leadership dalam dirinya sejak lahir. Termasuk anda memilikinya.
Paling tidak mulai dari kemampuan memimpin diri sendiri.
Leadership bukanlah suatu posisi tapi soal pengaruh. Bagaimana anda membangun diri sendiri sehingga mampu memberikan pengaruh yang baik terhadap orang lain lewat tindakan dan perkataan anda.
Untuk mengembangkan leadership dalam diri anda perlu kedisiplinan. Kedisiplinan mulai dari hal-hal kecil seperti disiplin bangun awal di pagi hari.
Kedisiplinan akan membentuk pribadi yang kuat dan kokoh.
Hal lain yang anda perlukan dalam membangun leadership adalah mentor.
Untuk bisa memimpin anda harus terlebih dahulu mau dipimpin.

4. Internet

Yah..internet. internet bukan sekedar browsing atau facebookan. Tapi keahlian tentang bagaimana menggunakan internet untuk kesuksesan anda.
Internet membuat dunia tanpa batas. Akses ke seluruh dunia dan seluruh informasi yang berseliweran di dunia maya.
Ada banyak keahlian dalam internet yang bisa anda kembangkan. Internet marketing, apapun bisa dijual melalui internet.
Membuat website, membuat aplikasi bahkan sosial media adalah sebuah keahlian jika anda tau seluk beluknya dan bagaimana menggunakannya untuk menghasilkan sesuatu. Uang atau ketenaran.
Intinya, apapun bisnis anda, produk atau jasa, gunakan internet sebagai penunjang kesuksesan bisnis anda tersebut.

5. Keterampilan membangun hubungan (komunikasi)

Komunikasi membuat segala sesuatu bisa bertahan.
Jika anda seorang pakar dalam suatu bidang namun anda tidak mampu berkomunikasi dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain, jangan harap orang lain mau memakai jasa anda.
Sebaliknya banyak orang biasa-biasa tapi kemampuannya dalam membangun hubungan membuka banyak pintu peluang baginya.
Bertemanlah dengan sebanyak-banyaknya orang. Bangunlah hubungan yang baik dan berkualitas. Disana ada peluang dan kebahagiaan.
Lima keahlian wajib diatas akan menunjang kesuksesan anda. Untuk itu mulailah belajar dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *