4 cara menekan modal usaha sekecil mungkin

Posted on

Saat memulai sebuah bisnis, kendala paling banyak ditemui adalah kurangnya modal usaha. Hal ini terutama bagi calon pengusaha yang baru pertama sekali ingin merintis bisnis. Jika anda mempunyai modal yang pas-pasan, jangan khawatir dan menyerah, dengan memahami kiat-kita bagaimana cara menekan modal usaha sekecil mungkin, anda tetap bisa memulai bisnis anda.

Adapun hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menekan modal usaha adalah sebagai berikut:

Cari supplier tangan pertama

Jika bisnis anda membutuhkan supllier, carilah pasokan yang semurah mungkin. Carilah langsung ke tangan pertama. Misalnya dari pabrik atau dari distributor utama atau grosir.

Hindari mendatangkan bahan-bahan baku atau  supply barang dari tangan ke dua apalagi tangan ketiga.

Pembelian bahan dalam jumlah besar dari pabrik juga memberikan keuntungan dari pengurangan biaya transportasi bagi anda. Karena biasanya pabrik atau distributor akan mengantarkan/mengirimkan sendiri pesanan anda.

Manfaatkan sumber daya disekitar anda

Jika disekitar anda ada pabrik atau grosir yang bisa mensuplai barang ke anda, kenapa harus ambil dari tempat yang jauh.

Jarak dekat memberikan banyak keuntungan bagi anda. Jika suatu saat anda perlu me-retur barang pesanan anda, akan lebih mudah.

Untuk tenaga kerja juga, anda bisa memanfaatkan sumber daya sekitar, seperti ibu-ibu rumah tangga yang tidak mempunyai pekerjaan tetap. Ibu-ibu pasti senang membantu anda dengan upah layak demi membantu ekonomi keluarga dan memberikan kegiatan positif bagi mereka.

Cari tenaga kerja dengan kualitas standar

Semakin tinggi pengalaman seseorang semakin tinggi pula upahnya.Di awal-awal, anda mungkin akan kewalahan untuk membayar upah pekerja yang tinggi.

Solusinya, pekerjakan mereka yang kualifikasinya masih standar. Namun anda perlu tenaga ekstra untuk mendampinginya hingga nanti benar-benar bisa menguasai semua pekerjaan.

Manfaatkan marketing online

Marketing online tidak semua berbayar. Buktinya promosi dengan menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram ternyata cukup efektif.

Bandingkan dengan memasang iklan di koran harian, radio atau bahkan televisi yang biayanya cukup menguras kantong.

Pastikan kehadiran bisnis anda di dunia online dengan membuat website. Membuat website tidak sesulit seperti dulu. Anda tidak perlu menguasai coding-coding yang rumit untuk bisa membuat website. Saat ini banyak tersedia platform CMS untuk membantu anda membuat website dengan mudah seperti WordPress, Wix, Weebly bahkan blogger.

Baiklah, selamat memulai bisnis anda. Semoga sukses menyertai anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *