5 cara efektif menekan pengeluaran bulanan

Posted on
Bagi pekerja yang ‘makan gaji’, bulan tua sering menjadi momok. Gaji sudah keburu habis bahkan 3 hari setelah diterima. Perlu dipikirkan cara menekan pengeluaran bulanan agar tidak terjebak utang.
Jangankan untuk menabung, untuk belanja keperluan dapur pun kadang-kadang harus ‘bon’.
Menjadi kaya bukan soal berapa besar income yang dimilikinya tetapi soal berapa banyak yang bisa ditabung dan di investasikan dari gajinya setiap bulan.
Harus mempunyai cara dan kebiasaan agar bisa menekan pengeluaran dan memiliki simpanan.
Berikut saya bagikan 5 cara sederhana untuk dapan menekan pengeluaran setiap bulannya.

1. Rencanakan budget bulanan

Seberapa banyak kita merencanakan anggaran belanja pribadi/keluarga tiap bulananya?
Padahal membuat rencana belanja akan memudahkan kita dalam mengatur pengeluaran dengan pos-pos belanja yang rutin tiap bulan.
Contoh pos-pos yang wajib dibayar tiab bulan seperti cicilan motor, cicilan rumah, air/listrik, belanja dapur, ongkos transportasi/minyak, ibadah, dan tabungan.
Pengeluaran diluar ini adalah.pengeluaran yang boleh diakomodir atau dianulir tergantung sisa dana tersedia.

2. Buat daftar belanja

Belanja di pasar atau supermarket adalah kegiatan yang asik terutama bagi wanita. Barang-barang yang dipajang banyak yang menggoda dan menggerakkan tangan untuk mengambilnya.
Memiliki daftar belanja akan membantu anda mengambil barang sesuai kebutuhan bukan keinginan. Stick to the list. Jangan tergoda dengan yang lain.

3. Belanja barang-barang ‘big sale’

Supermarket sering mengadakan promo big sale. Ada kalanya item-item yang dibutuhkan ada disana.
Rajin-rajinlah mencari informasi big sale di daerah anda. Terutama menjelang hari perayaan agama biasanya banyak pusat-pusat perbelanjaan yang menawarkan belanja murah.

4. Belanja grosiran

Belanja banyak sekaligus rasanya memang mengeluarkan banyak uang di awalnya, tapi bisa jadi penghematan besar.
Beli supermie 2 kotak barangkali jauh lebih murah dibanding beli 5 bungkus. Kalau sudah tau makan supermie adalah rutin maka pembelian grosir adalah pilihan tepat. Sekali beli banyak, dua bulan tidak perlu beli lagi.

5. Kurangi makan diluar

Makan diluar terbukti adalah salah satu penyebab bengkaknya pengeluaran bulanan. Makan nasi padang rp.15.000 + jus oren rp. 9.000 total rp.24.000.
Rp.24.000 makan dirumah sudah bisa untuk makan sekeluarga 4 orang.
Tentu boleh makan diluar tetapi dikurangi.
Bawa air minum dari rumah juga sangat baik. Di Singapura hampir semua orang pegang botol air minum yang dibawa dari rumah. Bayangkan saja kalau harus beli air minum botol dengan harga Rp.5000 setiap hari dalam satu bulan, Rp. 150.000 juga penghematannya.
Itulah tips untuk menekan pengeluaran. Yang paling penting harus tetap enjoy. Jangam gara-gara ingin menghemat malah tersiksa. Budayakan kebiasaan berhemat menjadi sebuah gaya hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *