5 Blog Tentang Hukum Yang Sangat Berguna Bagi Mahasiswa Hukum dan Umum

Posted on

Ilmu Hukum adalah ilmu pengetahuan yang sangat luas dan sangat menarik karena mencakup semua aspek kehidupan manusia.

Secara awam, banyak orang mengira hukum itu adalah undang-undang yang mengatur kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ada betulnya, tapi itu hanyalah sebagian kecil dari Ilmu Hukum yang sebenarnya.

Ilmu Hukum pula berkembang seiring perkembangan peradaban manusia yang mengikuti perkembangan pemikiran dan teknologi yang mengubah perilaku manusia itu sendiri.

Dalam era informasi terbuka sekarang ini, masyarakat semakin kritis menyikapi sesuatu. Pelanggaran-pelanggaran hukum dalam bernegara seperti korupsi tidak luput dari perhatian. Kasus-kasus kriminal juga cepat meluas dikalangan media. Karena itu masyarakat sedikit banyak perlu memahami asas-asas hukum untuk membantu memahami sesuatu.

Demikian pula mahasiswa hukum memerlukan referensi yang cukup banyak untuk membantunya mengembangkan wawasan mengenai apa dan bagaimana hukum itu sedang terjadi ditengah-tengah masyarakat dan bangsa.

Berikut 5 daftar blog dan website tentang hukum yang sangat dapat membantu masyarakat umum dan mahasiswa hukum untuk dijadikan referensi belajar tentang hukum.

1. Hukumonline

Boleh dibilang hukumonline.com adalah blog yang cukup lengkap membahas tentang peraturan perundang-undangan terutama yang ada kaitannya dalam praktek sehari-hari.
Undang-undang perdata dan pidana, tentang perniagaan sampai tindakan kejahatan kriminal dibahas diblog ini.
Blog ini juga rajin meng-update peraturan-peraturan terbaru yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga negara. Seperti peraturan menteri, peraturan mahkamah agung, dan peraturan pemerintah lainnya.
Dalam blog ini juga kita bisa menemukan layanan-layanan hukum yang ditawarkan seperti pendirian badan usaha dan layanan pendampingan hukum.

Hukumonline juga menyediakan klinik hukum yaitu diskusi atau seminar-seminar tentang hukum.

2. Hukumpedia

Blog ini berisi tentang kejadian semasa yang berkaitan dengan hukum. Sangat up to date.

Mengikuti blog ini membuat anda mempunyai wawasan lebih luas peristiwa hukum semasa lebih dari sekedar apa yang disajikan di media-media televisi. Karena selain membahas peristiwanya secara baik, blog ini juga membahasnya dari sudut pandang hukumnya.

Hukumpedia mempunyai banyak kontributor dalam penulisan konten-nya sehingga memperkaya khazanah wawasan hukum yang tersedia di dalam blog-nya.

3. Ditjen Kemenkumham

Website ini milik Kementerian Hukum dan HAM Indonesia sebagai media publikasi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Jadi website ini menyediakan database yang lengkap.

Tersedia juga jurnal ilmiah, makalah dan artikel mengenai hukum disini.

4. International Law Blog

Yang satu ini blog mengenai hukum internasional. Blog nya disajikan dalam bahasa Inggris.

Lebih lengkap lagi jika memiliki referensi hukum international untuk menambah wawasan tentang hukum dari sudut pandang dunia.

5. Blog Peradilan

Blog ini berisi seputar hukum dan peradilan. Juga sangat banyak menyinggung tentang Hukum Islam didalamnya.

Materi-materi mata kuliah hukum juga tersedia. Nampaknya memang sudah lama tidak di up-date tapi kontennya masih cukup untuk mahasiswa hukum tahun pertama.

Jika ada blog-blog hukum lainnya yang cukup baik, silahkan pembaca info-kan di kolom komentar agar kita tambahkan dalam daftar.

 

3 thoughts on “5 Blog Tentang Hukum Yang Sangat Berguna Bagi Mahasiswa Hukum dan Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *