5 Bisnis modal kecil untung besar

Posted on

Adakah Bisnis Modal Kecil Untung Besar?

Keterbatasan modal bukanlah halangan untuk memulai usaha. Banyak usaha dengan modal kecil namun untung yang didapatkan lumayan asal dikelola dengan baik.

Yang paling penting adalah kesabaran dan keuletan dalam menjalankan usahanya. Setiap kerja keras pasti membuahkan hasil.

Kemampuan melihat dan memanfaatkan peluang dibutuhkan untuk memulai usaha yang tepat. Membuat sedikit riset di lingkungan sekitar anda tidak ada salahnya untuk mengumpulkan informasi sebelum memutuskan akan membuka usaha apa nanti.

Namun disini akan dibahas 5 jenis usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil dan bisa menghasilkan untung besar. Semoga 5 usaha kecil untung besar ini bisa memberikan pencerahan kepada anda. Inilah dia:

1. Usaha warteg

Bisnis kuliner memang tak ada matinya. Setiap orang butuh makan dan butuhnya tiap hari. Tidak heran bisnis makanan selalu ramai dikunjungi orang yang tengah lapar atau sekedar doyan.

Yang penting makanan yang disajikan rasanya enak dan tempatnya bersih dijamin pelanggan anda akan betah dan bakalan datang lagi.

Warteg biasanya menyediakan beragam jenis makanan dengan harga yang terjangkau. Dua hal ini adalah daya tarik bagi pelanggan.

2. Usaha kedai kopi

Dulu kedai kopi hanya untuk bapak-bapak. Mereka bicara politik hingga, main catur, curhat atau sekedar obrolan biasa dengan sesama bapak. Jarang sekali kelihatan anak muda apalagi anak gadis di kedapi kopi.

Tapi itu dulu, sekarang seiring perubahan zaman kedai kopi telah mengalami pergeseran fungsi. Kedai kopi tidak lagi hanya untuk bapak-bapak. Mulai dari ibu-ibu, anak-anak muda hingga orang tua kita temukan di kedai kopi.

Kedai kopi juga bukan hanya tempat ‘ngaso’ atau ngobrol biasa, tetapi kedai kopi menjadi tempat mencari inspirasi dan berbagi ide, rapat informal sampai hal-hal yang lebih serius.

Untuk itu kedai kopi anda harus dibuat lebih kekinian. Tempat yang nyaman dengan pemilihan warna cat yang sesuai dan lighting yang pas, meja dan kursi yang tepat dan tentu harus ada wifi.

Meja dan kursi tidak harus mahal. Malah saya pernah lihat kedai kopi membuat sendiri meja kursinya dari pallet bekas. lalu di pernish, sehingga kelihatan lebih natural.

Tugas anda selanjutnya tentu meracik kopi seenak mungkin. Pelajari beberapa jenis sajian kopi dan teh untuk memperkaya produk minuman yang anda jual.

Tambahkan beberapa jenis makanan ringan untuk penyerta minuman. Seperti roti, nasi goreng, tahu goreng, ubi goreng, dan makanan ringan lainnya. Kedai kopi adalah kedai kopi bukan rumah makan.

3. Jual baju bekas

Modal usaha jual baju baru tidaklah kecil. Banyaknya pilihan warna dan jenis serta model membuat anda harus menyiapkan stok yang tidak sedikit. Padahal pilihan yang cukup banyak adalah salah satu kunci pelanggan tertarik datang ke toko anda.

Karena itu pilihan kepada baju bekas adalah tepat. Baju bekas terutama yang berasala dari luar negeri seperti Singapura banyak kelebihannya. Kebanyakannya baju bekas dari sana adalah model-model kekinian dari brand-brand yang cukup bagus. Karena itu kualitasnya juga biasanya yang bagus. Baju, celana, maupun sepatunya.

Biasanya baju bekas itu anda beli per bal. Bal dimaksud disini adalah karung besar. Harganya tidak terlalu mahal, tapi isinya bisa ratusan hingga ribuan helai pakaian di dalamnya yang kemudian anda jual ber helai. Anda beli per bal dan jual per helai? itu hitung-hitungan yang menarik. Contohnya jika per bal harganya Rp. 500.000 didalamnya ada 200 helai baju yang layak jual, anda pasarkan dengan harga Rp.30.000 per helai, anda sudah mendapatkan Rp.6.000.000 omzet dari hanya 1 bal tadi.

Lalu dimana cari suppliernya? anda mungkin tidak bisa menembus hingga ke Singapura untuk mendapatkannya. Jangan khawatir, anda cukup datang ke Batam, disana surganya pakaian bekas asal Singapura. Anda jejali pusat-pusat seken di Batam seperti daerah Aviari, Batu Besar, dan Sagulung. Kalau anda sudah menemukan satu toke besar yang bisa dipercaya, itu sudah cukup untuk memulai.

4. Usaha ternak lele

Ikan tawar satu ini memang sangat digemari oleh ramai orang. Lihat saja rumah makan Padang, ikan lele pasti salah satu menu wajib disana.

Selain pengolahannya yang gampang, rasanya juga lezat dan gurih. Ikan lele dimasak apa saja pasti enak.

Ternak lele tidak sesulit ternak jenis ikan-ikan lain. Ikan lele tidak perlu tempat khusus. Penanganannya sangat mudah dan tidak merepotkan sama sekali. Perkembang biakannya juga cepat dan tidak perlu campur tangan manusia.

5. Usaha gunting rambut (salon)

Buka salon bukannya modalnya besar? iya modalnya besar kalau anda berpikir salon seperti Johny Andrean yang ada di mall-mall.

Anda bisa memulainya dirumah. Dengan dua kaca agak besar dan dua kursi ditambah satu lemari kecil sudah cukup memulainya. Setiap orang butuh potong rambut karena rambut tidak berhenti bertumbuh. Artinya rezeki bagi tukang potong rambut juga tidak pernah berhenti bertumbuh.

Anda hanya perlu keahlian dibidang memotong rambut agar pelanggan anda puas melihat hasil karya anda. Namanya usaha jasa yang paling penting adalah kepuasan pelanggan dengan hasilnya. Kalau pelanggan sudah nyaman, mereka pasti datang lagi bulan depan. Yah bulan depan sudah panjang lagi rambutnya.

Sekarang anda sudah tahu apa saja bisnis modal kecil untung besar. Jangan menunda lagi untuk memulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *