4 Hal Pertimbangan Memilih Ekspedisi Untuk Bisnis Online

Posted on

Salah satu faktor pendukung kesuksesan bisnis online adalah jasa pengiriman barang atau yang sering kita sebut dengan ekspedisi.

Perusahaan ekspedisi bertugas mengirimkan barang pesanan pelanggan hingga sampai ditangan mereka dengan baik. Ini adalah salah satu kunci kepuasan pelanggan anda. Jika pelanggan puas sudah tentu mereka akan melakukan repeat order kepada anda.

Namun jangan asal memilih jasa ekspedisi, gunakan empat hal ini sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan jasa ekspedisi mana yang tepat untuk mengirimkan barang pesanan pelanggan anda.

Jenis Barang

Ada tiga jenis ekspedisi, yaitu pengiriman via udara dengan pesawat, via laut dengan kapal dan via darat dengan mobil angkutan.
Jika jenis barang yang anda kirim dimensinya besar namun berat aktualnya tidak terlalu besar sebaiknya gunakan ekspedisi laut atau darat.

Tarif atau Ongkos Kirim

Pembeli pastinya ingin membayar ongkos kirim paling murah jika ada. Bandingkan ongkos kirim dari bebearapa ekspedisi dan pilihlah yang paling murah. Hal ini perlu untuk mengurangi beban biaya yang harus dibayarkan pelanggan.
Namun tidak selalu ongkos kirim paling murah yang menjadi penentu pilihan pelanggan. Ada juga pelanggan lebih memilih perusahaan ekpsedisi yang sudah dipercayainya dan sudah biasa digunakannya karena faktor kepercayaan.

 

Ketepatan Waktu Pengiriman

Berapa lama sampai? itulah pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan sebelum memesan sesuatu online. Kepastian pengiriman dan juga urgensi kebutuhan barang yang dipesan. Pelanggan akan cemas jika barang pesanannya tak kunjung tiba padahal sudah melakukan pembayaran.
Gunakanlah jasa ekspedisi yang sudah terbukti. Jika ada ekspedisi baru yang cukup menjanjikan, kamu bisa mengujinya dulu dengan mengirimkan paket yang kecil-kecil terlebih dahulu. Kalau ternyata oke setelah pengiriman dua sampai tiga kali barulah ekspedisi baru itu layak untuk digunakan.

 

Kualitas Layanan Ekspedisi

Kalau kamu ada komplen karena pengiriman lambat atau karena barang hilang atau rusak, bagaimana respon mereka? apakah cuek saja, lempar sana lempar sini tidak jelas solusi yang kamu terima?
Ini salah satu pertimbangan penting dalam memilih perusahaan ekspedisi untuk digunakan menunjang bisnis online kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *