3 penyebab fatal hidup bisa hancur yang jarang disadari

Posted on

Setiap orang pasti ingin hidupnya semakin baik. Karena itu semua orang berusaha melakukan yang terbaik untuk membangun kehidupannya. Baik dengan bekerja keras, belajar hal-hal baru, membaca, beribadah dan ikut kursus pengembangan diri. Semua dimaksudkan untuk mencapai kebahagiaan.

Tidak ada orang yang ingin hidupnya hancur. Namun ironisnya banyak orang yang justru pelan-pelan menghancurkan hidupnya sendiri tanpa disadari dengan melakukan kebiasaan yang tidak baik.

Banyak penyebab hidup seseorang hancur, namun disini akan kita bahas tiga saja yang sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari dan memang benar-benar fatal akibatnya.

Inilah 3 hal yang bisa mengakibatkan masa depan seseorang hancur:

1. Menghabiskan waktu dengan orang yang salah
Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Jika anda adalah orang baik namun bergaul dengan orang-orang yang buruk, lama-lama anda akan sama dengan mereka.

Orang yang rajin jika bergaul dengan kumpulan manusia pemalas, anda akan jadi pemalas. Orang yang tutur katanya sopan dan halus, jika bergaul dengan pencaci maki dan suka bicara kasar, anda juga lama-lama akan suka bahasa-bahasa kotor. Daftar ini bisa anda teruskan berdasarkan pengalaman sendiri.

Pribadi yang buruk dimanakah tempatnya? siapakah yang suka dengan mereka? adakah bos perusahaan yang mau menerima mereka bekerja? adakah customer yang mau terus berlangganan ke toko anda? Jawab sendiri hehehe.

Jika anda sudah terlanjur menjadi pribadi yang buruk akibat salah bergaul, akan susah mengobatinya dan mengembalikan anda menjadi seperti semula.

2. Menghabiskan waktu di tempat yang salah
Sebab sangat berpengaruh segala sesuatu yang anda sering lihat. Apa yang kita lihat akan diproses dalam pikiran kita dan mempengaruhi pikiran kita jika sering dilihat. Akhirnya mata akan mempengaruhi hati kita.

Banyak pria berpikir mereka bisa pergi ke pantai penuh dengan wanita berpakaian 3/4 dan tidak terpengaruh olehnya. Atau pergi ke pub dengan musik hingar bingar penuh dengan wanita menari erotis, tidak terpengaruh olehnya?

Sebentar saja sih tidak. Menghabiskan waktu disana? akan lain ceritanya bukan?

Jika apa yang dilihat sudah sampai tahap mempengaruhi hati, maka anda mulai menikmati “dunia baru” sehingga karir dan keluarga bisa terabaikan.

3. Membangun kebiasaan yang salah
Hal ini berbicara tentang prioritas yang salah tentang orang dan tempat yang mengakibatkan menurunnya keperdulian terhadap apa yang utama.

Coba tanyakan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri tentang kebiasaan yang sering anda lakukan:
– Apakah anda lebih memilih main futsal daripada beribadah?
– Apakah anda lebih memilih jogging daripada antar anak sekolah?
– Apakah anda lebih memilih pergi memancing daripada membawa anak ber-akhir pekan?
– Apakah anda lebih memilih nongkron dengan sohib-sohib anda di cafe daripada menhabiskan waktu dengan istri?

Jika jawaban anda adalah “iya”, anda sudah tidak beres (maaf).

Semua kegiatan diatas tidaklah salah asal pada porsinya. Jika anda sudah terlanjur sangat terikat dengan kebiasaan yang salah, anda akan kehilangan banyak hal berharga dalam hidup ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *